Jumat, 29 Maret 2024

Indonesia Juara Piala AFF U-16

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Muhammad Kafiatur Rizky (kanan), Pemain Timnas Indonesia U-16 berusaha menerobos pertahanan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022, Jumat (12/8/2022). Foto: Antara

Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta, pada Jumat (12/8/2022) malam.

Antara melansir, satu gol Indonesia pada pertandingan tersebut, digelandang oleh Muhammad Kafiatur Rizky dan disaksikan oleh lebih dari 15 ribu suporter Indonesia.

Kemenangan tersebut menambah koleksi gelar juara piala AFF U-16 Indonesia yang sebelumnya juga meraih kemenangan pada tahun 2018 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur.

Trofi champion Indonesia itu pun menjadi suatu hal yang spesial untuk Bima Sakti sebagai pelatih, karena itu menjadi piala juara perdananya selama berkarier sebagai juru taktik.

Sementara itu, Vietnam meraih status runner up piala AFF U-16, yang sebelumnya pada tahun 2016 juga meraih status kemenangan yang sama.

Pada laga versus Vietnam, Indonesia yang bermain dengan formasi 4-3-3 sempat kesulitan membongkar pertahanan Vietnam setidaknya pada 10 menit awal.

Namun, perlahan Indonesia mampu menemukan celah di pertahanan Vietnam dan membuka tendangan tepat ke gawang pada menit ke-13 lewat tendangan Figo Dennis.

Vietnam tak mau kalah dan melepaskan satu tembakan pada satu menit kemudian dari sundulan Le Dinh Long Vu yang mampu ditepis oleh Andrika Fathir Rachman kiper.

Kecepatan permainan semakin meningkat. Indonesia maupun Vietnam sama-sama dominan menyerang dari sisi sayap, tetapi tak bisa menghadirkan gol, lantaran disiplinnya lini belakang masing-masing.

Skuad berjuluk Garuda Asia sempat mendapatkan peluang pada menit ke-29 melalui tendangan bebas Muhammad Riski Afrisal yang mampu digagalkan Vietnam Pham Dinh Hai, penjaga gawang.

Muhammad Kafiatur melepaskan tendangan di dalam kotak penalti yang menjebol gawang Vietnam pada menit ke-45+2. Indonesia akhirnya menutup babak pertama itu dengan keunggulan 1-0.

Usai jeda, kedua tim sama-sama berupaya keras untuk menghadirkan gol tambahan, tetapi upaya Indonesia dan Vietnam tak membuahkan hasil. Setelah situasi tetap tidak berubah, Indonesia memastikan kemenangan 1-0 atas Vietnam. (ant/des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs