Minggu, 28 April 2024

Jadwal Padat, Persebaya Atur Strategi Latihan dan Manfaatkan Rotasi Pemain

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Aji Santoso pelatih Persebaya bersama Brylian Aldama pemain Persebaya saat melakukan pre match press conference melalui Zoom meeting, pada Senin (12/12/2022). Foto: tangkapan layar

Kompetisi sepak bola Liga 1 2022/2023 kembali bergulir dengan jadwal padat, setelah sempat terhenti sekitar dua bulan lamanya akibat Tragedi Kanjuruhan.

Persebaya Surabaya yang baru saja bermain menghadapi Persib Bandung pada Sabtu (10/12/2022), harus kembali berlaga melawan Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo, Sleman hari ini Selasa (13/12/2022).

Menanggapi hal itu, Aji Santoso pelatih tim berjuluk Bajul Ijo itu menyatakan bahwa pihaknya sudah mengantisipasi adanya situasi tersebut.

“Memang jadwalnya sangat mepet, hanya istirahat satu hari setengah, jadi untuk itu latihan pun kami tidak terlalu volume tinggi, yang sedang saja,” ucapnya pada Senin (12/12/2022).

Ia menjelaskan bahwa latihan dengan intensitas sedang yang dijalankan oleh skuad Persebaya berdurasi 45 menit hingga satu jam dalam sehari.

“Tidak lebih dari itu, karena saya lihat kondisi pemain juga perlu istirahat,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa menu latihan tersebut dijalankan khusus untuk pemain yang bertanding dalam laga resmi Liga 1.

Sedangkan untuk pemain cadangan atau yang belum diturunkan dalam pertandingan, Aji menjelaskan, porsi latihan tetap diberikan penuh.

“Kecuali pemain-pemain yang tidak main, ada latihan yang long march,” ucapnya.

Aji menambahkan, untuk mengatasi padatnya jadwal pertandingan lanjutan Liga 1 di putaran pertama itu, bisa dimanfaatkan dengan pergantian pemain yang ada.

“Untuk mengantisipasi, untuk mencari jalan keluar, tentunya kami tetap waspada, akan ada rotasi,” jelasnya.

Menurutnya, dengan program dan strategi seperti itu, skuad Persebaya akan dapat tampil dengan maksimal dalam menjalankan pertandingan.

Sebagai diketahui, setelah melawan Persik Kediri hari ini, Persebaya akan kembali menghadapi tiga laga tersisa untuk mengakhiri putaran pertama Liga 1 2022-2023.

Tiga pertandingan tersebut, yakni melawan Persija Jakarta pada Jumat, (16/12/2022), kemudian menghadapi Persis Solo, pada Rabu (21/12/2022), dan melawan Dewa United FC, pada Sabtu (24/12/2022), yang seluruhnya akan digelar pada sore hari.(ris/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs