Rabu, 24 April 2024

Jamu Rans Nusantara, Persebaya Pastikan Gelora Delta Sidoarjo Sebagai Homebase

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pendukung Persebaya memenuhi Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada sebuah pertandingan final melawan Persija Jakarta di tahun 2020. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Jelang hadapi Rans Nusantara FC di laga lanjutkan pekan kesepuluh liga 1 pada Kamis (15/9/2022) , Persebaya Surabaya bakal menggunakan Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai homebase (kandang) sementara.

Hal itu, dikarenakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya digunakan untuk kualifikasi AFC U-20, yang akan berlangsung pada tanggal 14 hingga 18 September mendatang.

Ram Surahman sekretaris Persebaya mengatakan, perpindahan homebase ini bukanlah sebuah masalah. Ia menganggap, keadaan seperti ini adalah sesuatu yang wajar.

“Dari awal Persebaya sudah diminta oleh Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengajukan dua stadion, dan Persebaya mendaftarkan Gelora Bung Tomo Surabaya dan Gelora Delta Sidoarjo,” ucapnya kepada suarasurabaya.net pada Minggu (11/9/2022).

Menurutnya, selain Persebaya, ada juga klub sesama liga 1 yang diminta oleh LIB untuk mendaftarkan dua stadion, seperti Bali United, Persib Bandung dan juga Persis Solo. Hal ini karena kota-kota tersebut memiliki potensi untuk dijadikan venue piala dunia.

Dalam kesempatan itu, Ram juga mengatakan, kepindahan stadion yang sifatnya sementara ini, sudah dilakukan koordinasi dengan stakeholder yang ada di Sidoarjo.

“Kami sudah koordinasi dengan stakeholder yang ada di Sidoarjo, baik dari Kepolisian maupun dari Bupati. Dan Alhamdulillah, kami mendapatkan izin untuk menggunakan stadion ini,” tukasnya.

Sementara untuk alasan Persebaya memilih Gelora Delta Sidoarjo sebagai venue kedua adalah karena faktor geografis, lokasinya dekat dengan Surabaya. Kemudian, juga karena basis suporter Persebaya di Sidoarjo, jumlahnya sangat banyak.

Sebelumnya, Persebaya juga pernah menggunakan stadion yang berada di Jalan Pahlawan Wismasarinadi itu pada tahun 2020, yakni tepatnya saat menghadapi Persija di partai final Piala Gubernur Jatim. Sehingga bagi Tim Bajul Ijo, perpindahan homebase sementara ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo bukanlah hal yang baru.

Sedangakan, untuk latihan sendiri, Persebaya juga menggunakan stadion yang berkapasitas 35.000 penonton itu, dan sudah menjalin komunikasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi adanya bentrok jadwal latihan dengan klub lain yang menggunakan stadion itu.

“Untuk latihan, sementara juga geser ke Sidoarjo. Karena di Surabaya, semua fasilitas kebetulan sedang digunakan untuk AFC U-20. Jadi yang biasanya latihan di Gelora Bung Tomo, sekarang geser ke Gelora Delta Sidoarjo, dan itu tidak masalah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Gelora Delta Sidoarjo merupakan stadion yang sudah lolos verifikasi LIB. Sehingga, dapat digunakan untuk pertandingan liga resmi. (ris/bilPe)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs