Jumat, 26 April 2024

Korea Selatan dan Portugal Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Fernando Santos Pelatih Timnas Portugal vs Paulo Bento Pelatih Timnas Korsel. Foto: Antara

Tim nasional Korea Selatan dan Portugal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah pertemuan kedua tim berakhir 2-1 pada pertandingan Grup H, di Stadion Education City, Ar Rayyan, Qatar, Jumat (2/12/2022) malam.

Berdasarkan catatan FIFA, Portugal sempat unggul terlebih dahulu pada pertandingan kali ini melalui gol dari Ricardo Horta, tetapi Korea Selatan berhasil membalas lewat gol dari Kim Young-gwon dan Hwang Hee-chan.

Mengutip Antara, kemenangan Korea Selatan membawa ke babak selanjutnya dengan posisi runner-up grup dan memperoleh empat poin, sehingga Uruguay hanya terpaut selisih gol yang berada di tempat ketiga.

Sementara itu, Portugal melangkah ke babak selanjutnya sebagai juara Grup H dan akan menghadapi peringkat runner-up Grup G.

Portugal berinisiatif menyerang terlebih dahulu pada babak pertama dan dapat unggul menit ke-5 melalui Ricardo Horta yang memanfaatkan umpan Diogo Dalot. Skor berubah 1-0.

Tertinggal satu gol, Korea Selatan berbalik menekan penyerangan dan sempat mencetak gol pada menit ke-17 melalui Kim Jin-su. Sayangnya gol tersebut dianulir sebagai offside.

Pada menit ke-27, Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan dari bek Kim Young-gwon yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Portugal, sehingga skor menjadi 1-1.

Kedua tim bermain terbuka dan saling melancarkan serangan di sisa waktu babak pertama. Skor masih imbang 1-1 hingga turun minum.

Korea Selatan mengambil inisiatif melancarkan penyerangannya ke Portugal pada babak kedua, hingga 10 menit pertama tidak ada peluang yang membuahkan hasil.

Kim Jin-su sempat memiliki peluang ketika mampu melepaskan tendangan voli di kotak penalti Portugal, akan tetapi bola masih bisa dihalau Joao Cancelo.

The Taeguk Warriors kembali memiliki peluang melalui tendangan bebas dari Lee Kang-in, namun bola melambung di atas gawang Diogo Costa.

Korea Selatan berupaya menambah gol kemenangan dan membuahkan hasil di waktu tambahan babak kedua. Skor berubah 2-1 setelah Hwang Hee-chan pemain pengganti mencetak gol yang memanfaatkan umpan Son Heung-min. Skor bertahan untuk Korea Selatan hingga pertandingan usai.

Selanjutnya, Portugal akan menghadapi runner-up Grup G pada Rabu (7/12/2022) mendatang, sedangkan Korea Selatan akan menantang juara Grup G sehari sebelumnya.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs