Selasa, 5 Juli 2022

Masyarakat yang Sudah Vaksinasi Booster Boleh Nonton Langsung Kompetisi Olahraga

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Pemain Persebaya merayakan gol yang dicetak Bruno Moreira di menit kedua pada laga kontra Madura United, Senin (28/2/2022). Foto: Persebaya

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, dalam waktu dekat masyarakat boleh menyaksikan langsung kompetisi olahraga di Tanah Air.

Kebijakan tersebut merupakan salah satu hasil keputusan rapat kabinet terbatas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang dipimpin Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Senin (7/3/2022), dari Istana Bogor, Jawa Barat.

Dalam keterangan pers virtual, Luhut bilang seluruh kompetisi olahraga seperti Sepak Bola Liga 1, atau Liga Bola Basket Indonesia boleh ditonton langsung mereka yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 booster, dan terdata di aplikasi PeduliLindungi.

“Seluruh kegiatan kompetisi olahraga dapat menerima penonton dengan syarat sudah melakukan vaksinasi booster dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ujarnya.

Untuk daerah yang menerapkan PPKM Level 4, kapasitas penonton event olahraga maksimal 25 persen dari daya tampung.

Kemudian, daerah dengan PPKM Level 3 penonton maksimal 50 persen, Level 2 sebanyak 75 persen, dan daerah yang status PPKM-nya Level 1 boleh dihadiri penonton 100 persen dari kapasitas.

Menurut Luhut, pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat itu diberlakukan seiring dengan makin terkendalinya penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Sekadar informasi, Liga 1 musim 2021-2022 yang sudah memasuki pekan ke-29, berlangsung dari Agustus 2021 tanpa kehadiran penonton.

Bali United memimpin klasemen sementara dengan 63 poin dari 29 pertandingan. Sedangkan Persebaya Surabaya ada di peringkat keempat berbekal 55 poin dari 29 kali berlaga.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
27o
Kurs