Senin, 30 Januari 2023

Menpora RI Dukung Penggunaan Sport Science untuk Tingkatkan Prestasi Atlet

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zainudin Amali Menpora saat memantau pengambilan data riset keolahragaan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di laborotorium Hidrodinamika BRIN Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya, Sabtu (4/9/2022). Foto: kominfo.jatimprov.go.id

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), terus mendorong penggunaan sport science untuk peningkatkan prestasi olahraga di Indonesia.

Terbaru, Menpora menghadiri pengambilan data riset keolahragaan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di laborotorium Hidrodinamika BRIN Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Sabtu (3/9/2022). Dalam kesempatan itu, dia menyaksikan langsung proses uji hidrodinamika kepada beberapa atlet renang dan selam dari Jawa Tengah.

“Ke depan memang kita harus terus bekerja sama dengan BRIN, karena kedepan dalam Desain Besar Olahraga Nasional, sport science adalah pemandu utama bagi atlet dalam berprestasi, dan itu juga ada di BRIN. Oleh karenanya kita sinergi bersama untuk meningkatkan prestasi atlet olahraga di Indonesia,” kata Menpora keterangan tertulisnya, Minggu (4/9/2022) dikutip kominfo.jatimprov.go.id.

Amali berharap, hasil riset ini bisa menghasilkan sesuatu untuk menunjang prestasi atlet di Indonesia. “Tadi kita juga sudah diskusikan bagaimana kedepan kita bisa bekerja sama termasuk dengan perguruan tinggi, sehingga bisa menghasilkan sesuatu untuk peningkatan prestasi atlet kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Hazman Abimanyu Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur BRIN mengatakan, dirinya cukup senang dan terbuka untuk bekerja sama dengan perguruan tingggi dan kementerian/lembaga untuk mendukung peningkatan prestasi atlet Indonesia.

“Kami dari BRIN sangat terbuka untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia dan Kementerian lainnya dalam meningkatkan olahraga di Indonesia. Semua fasilitas yang ada di BRIN bisa dimanfaatkan bersama untuk peningkatan prestasi atlet Indonesia,” jelasnya.

Di sisi lain, Prof Tandiyo Rahayu Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes menyampaikan, apa yang dilakukan Menpora untuk meningkatkan sport science bagi olahraga di Indonesia sangat tepat.

“Saya mewakili akademisi keolahragaan di Indonesia merasa senang, karena baru pertama Menteri Pemuda dan Olahraga puanya konsentrasi terhadap pengembangan sport science,” terang Tandiyo. (bil/iss)

Berita Terkait