Senin, 29 April 2024

Mental Pemain Berkembang, Indonesia Optimis Menang Lawan Vietnam

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Shin Tae Yong pelatih Timnas Indonesia saat berada di lapangan Thor Surabaya dalam sesi latihan, pada Sabtu (17/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Timnas Indonesia akan melakoni laga terakhir di grup F dalam kualifikasi AFC U-20 dengan melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Minggu (18/9/2022).

Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia, mengatakan sudah siap dalam laga yang akan digelar besok pukul 20.00 WIB.

“Tidak perlu takut lawan Vietnam, kalau masalah mental, perkembangan pemain kita luar biasa. Sekarang, sudah tidak perlu khawatir,” ucapnya setelah memimpin latihan di Lapangan Thor Surabaya pada Sabtu (17/9/2022).

Ia mengatakan, sudah mempersiapkan strategi untuk menghadapi Vietnam. Bahkan, ia juga sudah memberikan porsi latihan khusus untuk adu pinalti sebagai antisipasi jika pertandingan besok berjalan imbang hingga selesai.

Saat disinggung soal timnas Indonesia yang sering kesulitan melawan Vietnam, ia mengatakan bahwa pemain sudah mulai lebih baik dan memiliki rasa percaya diri yang bagus. “Kita semua percaya diri, ini waktunya kita menang,” tegasnya.

Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia saat berada di lapangan Thor Surabaya dalam sesi latihan, pada Sabtu (17/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, untuk kondisi pemain tidak ada yang cedera dan semua siap untuk bertanding di laga terakhir kualifikasi AFC U-20 ini, kecuali Cahya Supriadi. Menurutnya, karena Cahya masih harus mendapatkan perawatan untuk pemulihan, setelah mengalami benturan dengan rekannya sendiri saat melawan Hong Kong di laga kedua.

Meskipun begitu, ia menyampaikan bahwa Cahya dalam keadaan baik, dan tidak ada cedera yang serius. Hanya saja, masih perlu waktu untuk menjaga kondisi dengan istirahat terlebih dahulu.

Shin Tae Yong sempat memainkan Aditya Arya Nugraha sebagai pengganti Cahya Supriadi saat melawan Hong Kong. Menurutnya, penampilan kiper cadangan tersebut juga bagus.

“Dibanding pemikiran saya, Aditya Arya lebih baik. Meskipun ada satu kesalahan kemarin waktu bertanding, tapi secara keseluruhan dia baik,” ucapnya.

Dalam pertandingan besok, ia tidak menekankan para pemain untuk terus menyerang atau bertahan. Melainkan melihat kondisi dan memanfaatkan peluang untuk mengambil kesempatan.

“Tergantung situasi, ada waktunya pressing, ada waktunya turun ke lini belakang, kita mempersiapkan tim agar kita bisa sesuai dengan strategi yang kita bawa,” ucapnya.

Dalam laga terakhir kualifikasi AFC U-20 di grup F itu, ia optimistis dapat meraih kemenangan dan memastikan lolos ke babak selanjutnya.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs