Jumat, 29 Maret 2024

Persipura vs Madura United Jadi Laga Pertama di Liga 1 2021-2022 yang Ditunda karena Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Pesepak bola Madura United melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSIS Semarang dalam pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (28/1/2022). Foto: Antara

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda laga pekan ke-22 Liga 1 Indonesia 2021-2022 Persipura melawan Madura United, yang harusnya digelar Selasa (1/2/2022) pukul 16.15 WITA di Bali.

Penundaan pertandingan Persipura vs Madura United ini menjadi penundaan pertama laga LIB akibat badai Covid-19 seiring merebaknya Virus Covid-19 Varian Omicron.

Sudjarno Direktur Operasional LIB menyampaikan itu dalam konferensi pers yang diikuti di Jakarta, seperti dikutip Antara.

Pria yang juga Ketua Satgas Covid-19 Liga 1 itu menjelaskan, Madura United tidak memiliki pemain yang cukup untuk melanjutkan pertandingan karena sebagian pemain dalam skuad ternyata positif Covid-19.

“Berdasarkan hasil tes usap PCR yang kami terima hari ini, beberapa pemain Madura United positif Covid-19. Itu membuat Madura United memiliki kurang dari 14 pemain. Setelah rapat darurat, laga tak bisa dilaksanakan, ditunda untuk dijadwal ulang,” kata Sudjarno.

Purnawirawan polisi berpangkat akhir Inspektur Jenderal itu melanjutkan, kebijakan itu sesuai dengan Pasal 52 Regulasi Kompetisi Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Ayat 7 pasal itu menyebut, “Dalam keadaan luar biasa, di mana setelah swab test rapid antigen pada hari pertandingan membuat klub yang akan bertanding hanya menyisakan kurang dari 14 pemain (termasuk salah satu di antaranya adalah penjaga gawang), maka LIB dan PSSI akan segera menggelar rapat darurat untuk memberikan keputusan dalam tempo cepat dan setiap keputusan bersifat final.”

Setelah melaksanakan rapat darurat secara virtual, yang dipimpin Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI, maka LIB mengeluarkan keputusan untuk menunda laga itu sampai waktu yang akan ditentukan kemudian.

Sebenarnya, kata Sudjarno, Madura United bisa saja mendatangkan pemain baru sesuai Ayat 5 Pasal 52 Regulasi Kompetisi Liga 1 Indonesia 2021-2022.

“Jika ada pemain dan/atau ofisial yang tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pertandingan karena kasus Covid-19 yang terkonfirmasi oleh Satgas COVID-19, klub diminta untuk mendatangkan bila ada pemain standby di kota domisili/lainnya yang telah terdaftar dari 35 pemain yang didaftarkan pemain/ofisial tersebut untuk memastikan bahwa pelaksanaan pertandingan tetap dapat dijalankan sesuai jadwal. (Prosedur pengesahan pemain tetap sama),” demikian bunyi ayat itu.

Namun, tidak ada waktu untuk melakukan itu. “Tak cukup waktu bagi Madura United untuk melakukannya sehingga tetap diputuskan untuk ditunda,” ujar Sudjarno.

Dengan demikian, laga Persipura versus Madura United menjadi pertandingan pertama Liga 1 Indonesia 2021-2022 yang ditunda karena terdampak Covid-19.

Sementara, untuk dua laga lain pada Selasa, yaitu Bhayangakara FC melawan Barito Putera di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, pukul 18.15 WIB, serta Persela Lamongan kontra Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, mulai pukul 20.45 WIB, tetap berlangsung sesuai rencana.

“Dua pertandingan itu tetap dilaksanakan karena hasil tes usap PCR tak ada masalah,” kata Sudjarno.(ant/den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs