Sabtu, 27 April 2024

Presiden Targetkan Indonesia Peringkat Tiga Besar di SEA Games Vietnam

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan dukungan kepada atlet dan ofisial Indonesia yang akan berjuang si ajang SEA Games Vietnam, Senin (9/5/2022), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden melepas Kontingen Atlet Indonesia yang akan berlaga di SEA Games ke-31 Vietnam, dalam seremoni di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Dalam arahannya, presiden mendorong para atlet yang berangkat berjuang maksimal untuk mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia.

Meskipun jumlah atlet pada helatan kali ini lebih sedikit daripada yang dikirim saat SEA Games 2019 di Filipina, Jokowi menargetkan Indonesia masuk peringkat tiga besar.

“Masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia. Saya ingat di SEA Games sebelumnya, di Singapura 2015 kita berada di peringkat ke-5. Kemudian di Malaysia kita juga masih berada di peringkat ke-5, dan 2019 di Filipina kita masuk peringkat ke-4. Kali ini Sea Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking yang ke-3 yang ke-2 atau yang ke-1. Memang bukan hal yang mudah. Tapi, saya dengar seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas,” ujar presiden.

Sekadar informasi, pada SEA Games tahun ini, Indonesia mengirim 499 atlet dari 32 cabang olahraga serta 214 ofisial, yang dipimpin Ferry Julianto Kono selaku Chef de Mission.

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan, pengiriman tim ke ajang SEA Games Vietnam menggunakan skema baru dengan mengacu pada prestasi olahraga nasional.

Dengan skema baru tersebut, mereka yang dikirim ke Vietnam benar-benar atlet dengan potensi besar membawa pulang medali berdasarkan analisa dan rekomendasi Komite Olimpiade Indonesia.

Menpora menambahkan, SEA Games Vietnam juga menjadi ajang persiapan atlet-atlet Indonesia untuk berjuang di Asian Games Hangzhou, China, dan Olimpiade Paris, Prancis tahun 2024. (rid/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs