Jumat, 19 April 2024

PT LIB: Penetapan Jadwal Arema Lawan Persebaya Putusan Bersama

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Irjen Pol Purnawirawan Sudjarno Direktur Operasional PT LIB, meninggalkan Komnas HAM usai memberikan keterangan di Jakarta, Rabu (19/10/2022). Foto: Antara

PT Liga Indonesia Bersatu (LIB) mengatakan penetapan jadwal laga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022 merupakan hasil keputusan bersama.

“Ya itu sebetulnya keputusan bersama yang sudah dikoordinasikan sedemikian rupa,” tutur Irjen Pol Purnawirawan Sudjarno Direktur Operasional PT LIB usai memberikan keterangan kepada Komnas HAM di Jakarta pada Antara, Rabu (19/10/2022).

Sudjarno mengatakan keputusan bersama untuk melaksanakan laga Arema FC berhadapan Persebaya Surabaya yang akhirnya menewaskan 133 orang suporter tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak penyiar.

“Jadi itu keputusan bersama semua, hasil koordinasi semuanya,” ujarnya.

Saat ditanyakan soal verifikasi stadion, Sudjarno menjawab terakhir pada tahun 2020 seperti yang telah disampaikan. PT LIB sebagai operator yang diberi mandat oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan supervisi.

Selain PT LIB, Komnas HAM pada hari ini mengagendakan permintaan keterangan kepada Match Commissioner Arema FC berhadapan Persebaya dan permintaan keterangan kepada Tim Asops Polri.

Setelah permintaan keterangan kepada PT LIB selesai, Komnas HAM langsung meminta keterangan Tim Asops Polri yang dihadiri Brigjen Pol Dedy Setiabudi Kepala Biro Kerja Sama Kementerian Lembaga (Karokerma KL) Staf Kapolri Bidang Operasi (Sops) Polri.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Selasa (18/10/2022) Presiden Joko Widodo bertemu dengan Gianni Infantino Presiden FIFA di Istana Negara, Jakarta.

Pertemuan Jokowi dan Infantino melahirkan kesepakatan antara kedua pihak untuk bersama-sama melakukan transformasi sepak bola di Indonesia setelah tragedi pertandingan Arema FC berhadapan Persebaya yang berujung kericuhan dengan korban tewas 133 orang.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs