Sabtu, 27 April 2024

Qatar Jadi Tuan Rumah Pertama yang Kalah saat Laga Perdana

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Enner Valencia pemain Ekuador merayakan golnya bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan perdana Piala Dunia 2022 antara Qatar melawan Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Minggu (20/11/2022). Foto: Reuters

Qatar menjadi tim tuan rumah Piala Dunia pertama yang kalah dalam pertandingan pembuka, ketika ditaklukan Ekuador 2-0 berkat dua gol Enner Valencia Minggu (20/11/2022) waktu setempat.

Juara Asia itu didukung mayoritas penonton di Stadion Al Bayt yang berkapasitas 60.000 orang. Sayang mereka tak bisa melengkapi upacara pembukaan yang mewah dengan penampilan luar biasa dalam laga perdananya.

Seperti ditulis Antara mengutip AFP, Ekuador sempat mengira telah mencetak gol yang indah ketika membungkam pendukung tuan rumah lewat sundulan Valencia. Tetapi gol ini dianulir oleh VAR karena offside.

Valencia akhirnya memecah kebuntuan dengan penalti pada menit ke-16, dan menggandakan golnya tepat setelah setengah jam pertandingan.

Sementara itu, Qatar sedikit membaik pada babak kedua, namun gagal mencetak satu gol pun. Almoez Ali, pahlawan kesuksesan Qatar dalam Piala Asia 2019, seharusnya bisa membalaskan satu gol menjelang turun minum. Tapi, sundulannya melenceng dari gawang Ekuador.

Tim asuhan Felix Sanchez itu membutuhkan hasil positif dalam laga kedua Grup A melawan Senegal, pada Jumat (25/11/2022).

Qatar berusaha menghindari menjadi tuan rumah kedua setelah Afrika Selatan pada 2010, yang tersingkir pada fase grup.

Padahal selama 92 tahun sejarah Piala Dunia, tuan rumah tak pernah bisa dikalahkan dalam laga pembuka, masing-masing 16 kali menang dan enam kali berakhir seri. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs