Jumat, 3 Mei 2024

415 Atlet Wakili Indonesia di Asian Games Hangzhou China

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI). Foto: Kemenpora

Kontingen Indonesia akan diperkuat sebanyak 415 atlet untuk berkompetisi di ajang multicabang olahraga Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China.

“Kami akan memberangkatkan atlet sebanyak 415 orang dan ofisial 161 orang. Untuk APG (Asian Para Games) kami akan berangkatkan 134 atlet dan ofisial berjumlah 62 orang,” kata Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Sedangkan untuk target medali pada Asian Games 2022, Dito menyebut, akan pasang target 12 medali emas. Kemudian, kontingen Indonesia juga diharapkan dapat menduduki posisi delapan besar, dilansir Antara.

“Memang untuk perolehan target di 2023 itu akan di bawah (Asian Games) 2018 karena ketika itu kita tuan rumah. Kita punya cabang olahraga silat yang memberi kontribusi hampir 50 persen medali,” imbuhnya.

Dito juga menyebut, penetapan jumlah atlet yang diberangkatkan ke Asian Games 2022 akan dilakukan melalui beberapa tahapan. Dimulai dari penjaringan awal diperoleh 600 atlet, namun setelah dilakukan penilaian oleh tim review dan mempertimbangkan potensi untuk meraih delapan hingga 12 medali emas, maka jumlah final ditetapkan 415 atlet.

Raihan 12 medali emas juga dipastikan tidak akan mudah, sebab level persaingan yang berkelas Asia. Meski demikian, Basuki Hadimuljono Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Games 2022 meyakini para atlet Indonesia akan berjuang maksimal untuk mencapai hasil yang ditetapkan.

“Ini tidak ringan karena ditargetkan beberapa medali emas. Tapi saya yakin atlet kita sudah bersiap untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia,” ungkapnya.

Angela Tanoesoedibjo CdM Asian Para Games 2022 mengatakan bahwa pihaknya dibebani target menduduki peringkat sepuluh besar, dengan raihan 20 medali emas, 23 medali perak, dan 25 medali perunggu. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs