Senin, 29 April 2024

80 Atlet Jatim Perkuat Kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Atlet Renang. Foto: Unsplash

Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyumbang 80 atlet untuk berlaga di ajang SEA Games 2023 Kamboja yang akan berlangsung pada 5-17 Mei 2023.

Jumlah itu lebih banyak dibandingkan SEA Games 2022 Vietnam di mana Jatim mengirimkan 71 atlet yang berpartisipasi di 19 cabang olahraga (cabor) berbeda. Sedangkan, pada edisi tahun ini atlet Jatim akan bertanding di 21 cabor.

Muhammad Nabil Ketua KONI Jatim mengaku merasa bangga dengan adanya atlet Jatim yang menjadi tulang punggung kontingen Indonesia di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

“Terima kasih untuk semangatnya yang luar biasa. Tentu ini akan menjadi penguat kita semua untuk mengibarkan bendera merah putih di area strategis dan kejuaraan strategis pula,” kata Muhammad Nabil dalam keterangan tertulis KONI Jatim, Sabtu (29/4/2023).

Nabil juga menekankan pentingnya solidaritas  partnership bagi seluruh atlet Jatim yang akan berkompetisi pada SEA Games edisi ke-32 itu. Dirinya berharap, para atlet bisa membangun suasana saling mendukung, menghargai, dan bersikap sportif.

“Kita sudah menyatu menjadi Indonesia, tidak ada lagi nama-nama daerah. Tradisi Jawa Timur ialah memang menjadi penyumbang nama baik Indonesia di bidang olahraga. Potensi kemenangan ini sebenarnya sudah bisa kita lihat secara bertahap, pola pembinaan pun sudah kami lakukan dengan berstandar internasional. Ini bentuk pengabdian, tanggung jawab dalam bidang olahraga, sesuai tagline kami Dari Jawa Timur untuk Indonesia Menuju Prestasi Dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Irmantara Subagio Direktur Puslatda Jatim 100/V KONI Jatim, menambahkan dirinya menargetkan atlet asal Jatim setidaknya dapat menyumbangkan 10 sampai 12 medali emas. Target tersebut dilihat dari beberapa cabor potensial yang diikuti atlet Jatim terutama cabor Fin Swimming (selam) dan tenis.

Secara keseluruhan, Indonesia mengirim 599 atlet yang terdiri dari 379 putra dan 220 putri. Skuad Merah Putih akan bersaing pada 31 cabang olahraga dari total 36 yang dipertandingkan atau dilombakan.

Dengan jumlah tersebut, Indonesia menargetkan meraih 60 medali emas untuk bisa mempertahankan posisi di tiga besar klasemen akhir perolehan medali.(ihz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs