Selasa, 23 April 2024

Atlet Panjat Tebing Peraih 87 Emas Lulus dari UM Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Fatchur Roji mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya yang juga merupakan atlet panjat tebing saat diwisuda di Gedung At-Tauhid Tower UM Surabaya, pada Sabtu (3/6/2023). Foto: UM Surabaya

Fatchur Roji mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya yang juga merupakan atlet panjat tebing, berhasil menyelesaikan studi kuliahnya dan mengikuti wisuda di Gedung At-Tauhid Tower UM Surabaya, pada Sabtu (3/6/2023).

Wisudawan berusia 26 tahun yang telah berhasil menyabet 87 emas dalam berbagai kompetisi sejak tahun 2007 itu, merupakan mahasiswa penerima beasiswa atlet UM Surabaya.

Roji mengatakan, dirinya menekuni olahraga panjat tebing sejak berusia 11 tahun atau ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

“Sewaktu kecil saya tidak ada cita-cita menjadi seorang atlet. Saya hanya suka saja dengan panjat tebing dan menyukai ketinggian. Ternyata itu memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan saya sekarang,” ucapnya.

Dengan prestasinya di bidang olahraga panjat tebing itu, ia juga merasa senang karena bisa membantu finansial keluarganya.

“Lewat panjat tebing inilah saya mendapatkan banyak keuntungan. Tidak hanya uang, lewat panjat tebing pula saya bisa mendapatkan kemudahan akses mendapatkan beasiswa pendidikan,”katanya.

Ia bersyukur, karena keberhasilannya menorehkan prestasi itu, bisa membuatnya menyelesaikan kuliah dengan mendapat beasiswa pendidikan atlet secara penuh di UM Surabaya.

“Bersyukur ada universitas yang menyokong penuh pendidikan para atlet,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, prestasinya di bidang olahraga itu mulai melejit di kancah nasional saat mengikuti Porprov V Jatim 2015 Banyuwangi. Ia berhasil meraih juara 1 boulder perorangan putra, juara 1 boulder beregu putra, juara 1 lead beregu putra, juara 2 lead perorangan putra, juara 2 speed world record perorangan putra, juara 2 speed klasik perorangan putra dan juara 3 speed klasik beregu putra.

“Juga meraih Juara 1 lead umum putra pada Eiger Independence Sport Climbing Competition Bandung. Juara 1 lead beregu putra, juara 3 boulder beregu putra,” ujarnya.

Pada tahun 2016, ujar Roji, dirinya juga berhasil meraih juara 1 boulder umum putra di ajang Balikpapan Open Bouldering Championship. Juara 2 lead umum putra di Wanala Climbing Competition. Juara 1 boulder umum putra di ajang Piala Walikota Surabaya. Kemudian, juara 1 boulder umum putra di ajang Boulder Active Singapore. Juara 1 lead beregu putra, juara 2 boulder beregu putra, juara 2 lead perorangan putra di ajang PON XIX 18 Jawa Barat.

Kemudian, pada tahun 2017 ia berhasil meraih juara 3 boulder perorangan putra, juara 2 boulder beregu putra dan juara boulder beregu di Kejurnas Panjat Tebing XVI Yogyakarta.

Tahun 2018, ia kembali menyabet juara 2 lead umum putra di ajang Tursina National Wall Climbing Competition Malang. Juara 1 boulder umum perorangan putra di Mega Open Climbing Competition Jakarta. Juara 1 boulder umum putra di ajang YPHB Open Sport Climbing Competition Bandung. Juara 1 boulder umum perorangan putra Piala Wali Kota Surabaya. Juara 1 boulder umum perorangan putra di ajang Zainal Tayeb Bali. Juara 1 speed klasik perorangan putra di ajang Eiger Independence Sport Climbing Competition Bandung. Sementara di ajang Kejurnas Panjat Tebing Solo ia berhasil meraih juara 1 lead beregu putra, juara 1 boulder beregu putra, juara 1 combine putra dan juara 2 speed world record relay putra.

Tahun 2019 ia berhasil masuk semifinal 8 besar speed world record putra di ajang IFSC Climbing World Cup Chongqing China. Ia juga berhasil menjadi juara 2 umum perorangan putra di Rock Domain Thailand. Sementara di ajang Prapon XX Zona 2 Jatim di Surabaya tahun 2019 ia berhasil meraih juara 1 lead perorangan putra, juara 1 boulder beregu putra dan juara 2 combine putra. Di ajang Asian Championship Bogor ia berhasil meraih juara 1 speed world record rellay putra.

Tahun 2021 di kompetisi Sport Climbing di Bali ia berhasil meraih juara 2 boulder perorangan putra dan juara 1 combine putra. Pada ajang PON XX Papua ia berhasil meraih juara 1 lead beregu putra, juara 1 boulder bergu putra, juara 1 combine putra dan juara 2 speed world record rellay putra.

Lebih lanjut, pada tahun 2022 di Asian University Games Thailand 2022 Roji berhasil meraih juara 1 boulder perorangan putra, juara 1 speed relay world record putra dan juara 3 lead perorangan putra. Dan di Sirkuit Panjat Tebing Indonesia Jakarta ia berhasil meraih juara 2 speed world record perorangan putra. Sementara dalam ajang Eiger Independence Sport Climbing Competition Agustus 2022, Roji berhasil raih juara 1 speed klasik perorangan putra dan juga meraih Piala Wali Kota Surabaya dan menjadi juara 1 lead perorangan putra.

Dan pada akhir Desember 2022, di ajang Kejurnas XVIII Panjat Tebing Kepulauan Bangka Belitung Roji meraih juara 2 speed relay world record putra dan juara 2 boulder beregu putra.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs