Sabtu, 27 April 2024

Babak Kualifikasi Pra-PON XXI Cabor Kempo Digelar Mulai Besok di Graha ITS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kiri ke kanan: Laksamana Madya TNI (Purn.) Dr. Agus Setiadji Ketua Umum PB.Perkemi, Iswachyu Dhaniarti Ketua Panpel babak kualifikasi PON XXI, dan Wartoyo Technical Delegate BK Shorinji Kempo PON XXI/2023 saat mengudara di studio Radio Suara Surabaya, Sabtu (19/8/2023). Foto: Bintang magang suarasurabaya.net

Serangkaian babak kualifikasi Pra-PON XXI Aceh khusus untuk cabang olahraga (cabor) Shorinji Kempo bakal digelar mulai 20-25 Agustus 2023 di Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Laksamana Madya TNI (Purn.) Dr. Agus Setiadji Ketua Umum PB.Perkemi (Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia) mengatakan, babak kualifikasi itu terbuka bagi seluruh masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya yang ingin datang menonton pertandingan.

“Kami mengundang warga Surabaya dan sekitarnya barangkali yang ingin ikut melihat bagaimana kejuaraan Shorinji Kempo yang akan kita laksanakan di Geraha ITS ini. Karena terbuka di sana juga ada Basar UMKM dan seterusnya untuk mengikuti bagaimana para kenshi (sebutan atlet shorinji kempo) bertanding untuk menjaga sportivitas menghasilkan nilai-nilai kualitas teknik sendiri,” ujarnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Sabtu (19/8/2023).

Agus menjabarkan ada sekitar 700 kenshi dari beberapa provinsi yang bertanding dalam babak kualifikasi ini. Mereka memperebutkan 204 tiket untuk berlaga di PON XXI ACEH pada 2024 mendatang.

Iswachyu Dhaniarti selaku ketua panitia pelaksana (Panpel) babak kualifikasi PON XXI mengatakan, persiapan untuk babak kualifikasi sudah 100 persen. Pertandingan pembuka kualifikasi akan dilaksanakan, pada senin (21/8/2023).

“Siang hari ini kegiatan untuk refreshing wasit, dilanjutkan besok tanggal 20 masih ada refreshing wasit (lagi), technical meeting, penimbangan berat badan, dan dilanjutkan pertandingan pembukaannya hari Senin tanggal 21 Agustus pukul 10.00 WIB,”  kata Yayuk sapaan akrabnya.

Tujuan kualifikasi ini digelar di Surabaya, tambah Yayuk, agar cabor itu lebih dikenal oleh masyarakat Jawa Timur (Jatim). Mengingat, Jatim sendiri adalah daerah dengan para kenshi (sebutan atlet shorinji kempo) terbanyak, yakni sekitar 20 ribuan atlet.

Sementara Wartoyo Technical Delegate BK Shorinji Kempo PON XXI/2023 pada kesempatan yang sama menjabarkan, ada 22 nomor yang dipertandingkan.

Yaitu, 10 nomor Randori atau pertandingan bebas terbatas, serta Embu atau peragaan kerapian teknik/gerakan jurus kempo. Berbeda dengan edisi sebelum-sebelumnya, dua nomor ini dipertandingkan dengan format dua kali tanding untuk masing-masing kenshi.

“Sekarang ini kita menggunakan sistem double elimination. Jadi kalau sudah dua kali kalah, baru mereka gugur, sehingga kalau baru sekali kalah mereka (kensin) masih punya kesempatan untuk bertanding lagi,” jelasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs