Rabu, 17 April 2024

Bagikan Bonus Peraih Medali ASEAN Para Games 2023, Presiden Ingatkan Jangan untuk Beli Barang Mewah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan ucapan selamat kepada para atlet peraih medali ASEAN Para Games 2023, Senin (3/7/2023), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Senin (3/7/2023), memberikan bonus kepada atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Prosesi pemberian bonus secara simbolis berlangsung di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas perjuangan para atlet mengharumkan nama Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi, Kepala Negara memberikan bonus berupa uang yang totalnya mencapai Rp320,5 miliar buat para atlet, pelatih dan asisten pelatih.

Para peraih medali emas perorangan berhak menerima Rp525 juta. Lalu, Rp315 juta untuk yang mendapat medali perak, dan Rp157,5 juta buat peraih perunggu.

Karena jumlah bonus uang yang diberikan pemerintah sangat banyak, Presiden mengingatkan para atlet memanfaatkan untuk berlatih demi memacu prestasi.

Kemudian, Jokowi berpesan supaya uang yang diperoleh jangan buat membeli barang-barang mewah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bilang, lebih baik membeli barang yang bisa untuk investasi jangka panjang.

“Saya ingin sedikit berpesan, betul-betul manfaatkan bonus yang ada ini untuk tetap berlatih dan memacu prestasi. Jangan dibelikan barang mewah. Dibelikan barang untuk investasi jangka panjang,” ujar Presiden.

Sekadar informasi, Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Kamboja, berkat raihan 158 medali emas, 148 medali perak dan 94 medali perunggu.

Prestasi itu membuat Indonesia jadi juara umum pesta olahraga negara-negara kawasan Asia Tenggara tiga kali beruntun, mulai dari ASEAN Para Games Malaysia tahun 2017, dan tahun lalu waktu menjadi tuan rumah.

Pada perhelatan di Kamboja tahun ini, ada 268 atlet yang mengikuti 12 dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan dan juga dilombakan.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs