Sabtu, 20 April 2024

Conmebol Minta Perayaan Seabad Piala Dunia Dihelat di Amerika Selatan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gianni Infantino Presiden FIFA (kiri) dan Alejandro Dominguez Presiden Conmebol berbicara dalam sebuah konfrensi pers di markas Conmebol di Luque, Paraguay pada 30 Maret 2023. Foto: Antara/ AFP

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol)  mengatakan Piala Dunia 2030 harus dihelat di Amerika Selatan karena bertepatan dengan perayaan satu abad kompetisi tersebut.

Alejandro Dominguez Presiden Conmebol meminta FIFA agar tidak membuat keputusan yang salah, dan menunjuk Amerika Selatan sebagai tuan rumah perayaan 100 tahun Piala Dunia.

“Jangan membuat kesalahan sama saat Athena tidak dapat menggelar Olimpiade 1996 (perayaan 100 tahun Olimpiade). Kita harus menyelenggarakan Piala Dunia Seratus Tahun di sini, untuk menghormati sejarah,” kata Dominguez dikutip Antara dari AFP, Sabtu (1/4/2023).

“Gianni Infantino Presiden FIFA, saya ingin meminta kepada Anda untuk menemukan cara merayakan 100 tahun Piala Dunia di Amerika Selatan. Ini bukan Piala Dunia 2030, tapi Piala Centenario,” katanya menambahkan.

Sebagai informasi, ajang Piala Dunia pertama kali digelar pada 1930 di negara Amerika Selatan, yaitu Uruguay yang diikuti oleh 13 negara dan dimenangkan oleh tim tuan rumah.

Conmebol telah resmi meluncurkan bidding dengan slogan “Juntos” (bersama) dengan mengajukan Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Chile sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Mereka harus bersaing dengan trio Portugal, Spanyol, dan Maroko untuk gelaran sepak bola akbar tersebut.

FIFA akan mengevaluasi tawaran yang telah dibuat dan membuat daftar kandidat sebelum tuan rumah dipilih, dalam pemungutan suara anggota di kongresnya. FIFA mengatakan pemungutan suara kemungkinan akan dilakukan pada September 2024. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs