Minggu, 28 April 2024

Dikunjungi Premier Roger Cook, DBL Indonesia Bersemangat Kirim Atlet Muda ke Australia Barat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Azrul Ananda CEO & Founder DBL Indonesia menjelaskan program kerja sama yang telah terjalin selama 15 tahun lebih antara Western Australia dan DBL Indonesia, kepada Roger Cook Premier Australia Barat (kiri) di DBL Academy Pakuwon Mall Surabaya, Rabu (6/9/2023). Foto: DBL

Dalam serangkaian kunjungan pemerintahan Australia Barat untuk memperkuat kerja sama, Roger Cook Premier Australia Barat mengunjungi DBL Academy Pakuwon Mall Surabaya pada Rabu (6/9/2023).

Kunjungan ke DBL Academy tersebut khususnya untuk memperkuat kerja sama yang dibangun antara DBL Indonesia dan World Basketball Academy (WBA) Australia sejak 2008 silam yang dikomandoi Andrew Vlahov, direktur WBA Australia sekaligus legenda basket Australia.

“Kami memiliki hubungan sister-state dengan Jawa Timur, itulah alasan mengapa kami memiliki kemitraan dan persahabatan yang erat antara Jawa Timur dan Australia Barat,”  ujar Roger Cook pada kegiatan bertajuk Sports Diplomacy – Sports to Friendships di DBL Academy Pakuwon Mall Surabaya dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net.

Melalui DBL Indonesia dan Andre Vlahov,  yang menjadi penghubung, Cook mengatakan mereka telah membawa  tim olahraga basket, sepakbola dan atletik ke Australia Barat. Begitu juga sebaliknya. Artinya, selain membangun kemitraan ekonomi yang baik, persahabatan yang kuat melalui olahraga dan budaya juga dibangun.

Azrul Ananda, CEO & Founder DBL Indonesia merasa terhormat dengan kedatangan Roger Cook beserta delegasinya. Menurut dia, DBL Indonesia selama ini memang punya hubungan baik dengan Pemerintah Australia Barat. Hubungan itu sudah berjalan lebih dari 15 tahun.

“Kami berterima kasih dan merasa terhormat sekali atas kunjungan Premier of Western Australia, Roger Cook beserta delegasinya ke DBL Academy. Seperti yang disampaikan tadi, dukungan itu bukan hanya ekonomi, tapi juga friendship atau people to people. Dengan makin eratnya hubungan antara DBL Indonesia dan Western Australia ini, kami jadi bersemangat  mengirim lebih banyak lagi anak muda Indonesia ke Australia Barat,” papar Azrul.

Sekadar informasi, hubungan antara DBL Indonesia dengan Western Australia tidak hanya dibatasi di bidang basket saja. Pada tahun 2018, setelah DBL Indonesia juga mengelola tim sepakbola legendaris Persebaya Surabaya.

Pemain dan tim pelatih Persebaya U-19 diberangkatkan menjalani training camp di Australia Barat. Sebagian besar punggawa Persebaya U-19 itu yang kemudian membela Persebaya U-20 pada Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 musim 2019, dan berhasil meraih gelar juara.

Belum lama ini juga, pada Maret 2023 lalu, DBL Indonesia yang berkolaborasi dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), memberangkatkan 16 student-athlete berstatus juara nasional hasil dari penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022, untuk melakukan training camp ke Australia Barat.

Mereka menghabiskan waktu selama sembilan hari di Perth, Western Australia. Pemilihan Perth sebagai lokasi training camp karena  memiliki sports science terbaik. Mereka juga berkesempatan mempelajari banyak hal tentang atletik bersama dengan Athletics West dan menggali pengalaman dalam perlombaan Athletics West Track and Field State Championship. (bnt/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs