Minggu, 3 Maret 2024

Dua Bersaudara Pembalap Sepeda Asal Lumajang Sabet Emas di SEA Games 2023

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Feri Yudoyono, Zaenal Fanani, Sayu Bella Sukma Dewi, dan Dara Latifah (dari kiri ke kanan) tim balap sepeda MTB Indonesia berhasil menambah kolekis emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Foto: instagram @buletinsports.id

Kakak beradik atlet cabang olahraga balap sepeda asal Lumajang, Jawa Timur (Jatim), berhasil menyabet medali emas di Ajang SEA Games 2023 yang dihelat di Kamboja.

Keduanya adalah Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono yang menjuarai nomor Cross Country Relay (XCR) dengan sirkuit sepanjang 3,7 kilometer di Phnom Kulen, Siem Reap, Kamboja, Minggu (7/5/2023).

Atas prestasi kedua atlet Jatim itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengungkapkan rasa bangga dan kagum atas prestasi Zaenal dan Feri.

“Alhamdulillah, satu lagi prestasi yang berhasil dicetak putra terbaik Jatim untuk Indonesia. Inilah bukti bahwa Jatim itu gudangnya atlet berprestasi. Saya atas nama pribadi dan mewakili seluruh warga Jatim bangga atas prestasi tersebut,” kata Khofifah, Senin (8/5/2023).

Perjuangan atlet balap sepeda ini tidaklah mudah. Sebab, di nomor ini juga diisi pesaing yang hebat. Ada enam negara yang berpartisipasi di nomor ini yakni Kamboja, Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia. Masing-masing negara menurunkan empat pembalap. Terdiri dari dua putra dan dua putri.

Atlet putra dari Indonesia diisi oleh Zaenal Fanani dan Feri Yudoyono. Sedangkan atlet putri ada Dara Latifah dan Sayu Bella Sukma Dewi.

Dengan keberhasilan Zaenal dan Feri, cabor balap sepeda berhasil menyumbang total tiga emas untuk kontingen Indonesia. Sebelumnya, Feri dan Sayu Bella telah meraih emas di nomor Cross-Country Olympics (XCO). Sedangkan Fanani merebut perak di nomor tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan untuk para atlet yang telah berjuang keras. Juga untuk coach Dadang Haries Poernomo yang telaten untuk melatih putra-putri terbaik bangsa ini,” ungkapnya.

Pada hari ini, Senin (8/5/2023), balapan akan kembali digelar untuk nomor Cross Country Eliminator (XCE) di Phnom Kulen, Siem Reap. Kabarnya, dua pembalap asal Lumajang, Zaenal Fanani dan Ihza Muhammad akan turun menjadi andalan Indonesia lagi di nomor tersebut.

Sebagai informasi tim balap sepeda Indonesia mengirimkan 16 atlet ke SEA Games 2023. Mereka ditarget mendapatkan empat medali emas di multiajang dua tahunan tersebut. Saat ini tiga emas telah berhasil dikantongi. Tinggal 1 emas lagi untuk mencapai target.

“Tapi jangan cepat berpuas diri. Teruslah berjuang dengan sungguh-sungguh, raihlah sebanyak-banyaknya emas untuk Indonesia,” pungkas Gubernur Jatim itu.(wld/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs