Minggu, 19 Mei 2024

FIFA Matchday Lawan Palestina Siap Digelar, Indonesia Incar Poin Naikkan Rangking

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para pemain Timnas Indonesia saat menjalani latihan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Sabtu (10/6/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ahmad Riyadh Ketua PSSI Jawa Timur menyatakan persiapan FIFA Matchday tim nasional Indonesia melawan Palestina sudah 100 persen.

Sebanyak 4.300 personel kepolisian akan mengamankan pertandingan persahabatan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur pada Rabu (14/6/2023) pukul 19.30 WIB.

“Sarana prasarana mulai transportasi, toilet, keamanan stadion sudah standar FIFA. GBT termasuk yang terbaik di Indonesia,” ujarnya dalam program Wawasan di Radio Suara Surabaya, Selasa (13/6/2023).

Termasuk persiapan tim nasional sendiri, maksimal seperti final. “Meski Palestina rangkingnya di atas Indonesia, kita tidak boleh berpikir kita boleh kalah. Indonesia mutlak harus mencetak poin untuk menaikkan rangking FIFA,” tuturnya

“Rangking FIFA berpengaruh pada penambahan fasilitas dan bantuan finansial untuk peningkatan sumber daya,” tambahnya.

FIFA menganggap Indonesia serius mengerjakan sepak bola. Terlebih FIFA melihat Indonesia sebagai negara besar yang potensi dan animo masyarakatnya terhadap sepak bola seperti Brasil. Sampai kampung-kampung banyak yang main bola. Pertandingan FIFA U-16, U-19, U-20 di luar negeri tidak ada yang menonton, tapi di Indonesia stadion penuh sampai tidak cukup.

Ke depannya, kata Ahmad, PSSI akan menyiapkan lebih banyak pertandingan sepak bola internasional yang digelar di Surabaya. Menurut dia, masyarakat kota pahlawan sudah dewasa dan iklim sepak bola-nya bagus.

Menurut dia, Kota Surabaya juga sudah melampaui ketentuan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Sepakbola Nasional, baik dari ketersediaan tempat latihan maupun diklat sepak bola.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs