Jumat, 1 Maret 2024

Hajar Belanda 4-2, Kroasia Lolos ke Final UEFA Nations League

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Luka Modric Gelandang Kroasia merayakan keberhasilannya mencetak gol pada pertandingan semifinal UEFA Nations League melawan Belanda di Stadion De Kuip, Rotterdam, Rabu (14/6/2023). Foto : Antara/ AFP

Kroasia lolos ke Final UEFA Nations League seusai mengalahkan Belanda dengan skor 4-2, pada partai semifinal di Stadion De Kuip, Rotterdam, Kamis (15/06/2023) dini hari WIB.

Kemenangan Kroasia hadir berkat gol Andrej Kramaric, Mario Pasalic, Bruno Petkovic dan Luka Modric. Sedangkan Belanda mencetak gol melalui Donyell Malen serta Noah Lang.

Selanjutnya Kroasia akan tampil pada partai Final UEFA Nations League, Minggu (18/6/2023) menghadapi pemenang laga semifinal lainnya antara Spanyol dan Italia.

Sementara Belanda, selanjutnya akan berlaga pada partai perebutan tempat ketiga yang digelar, Sabtu (17/6/2023) mendatang, di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda.

Melansir Antara, dalam pertandingan tersebut Belanda mampu menciptakan lebih banyak peluang pada pertandingan dengan total 11 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran. Namun, Kroasia tampil lebih efektif memaksimalkan peluang yang mereka dapatkan.

Tim Oranje (julukan Belanda) mampu mencuri keunggulan pada menit ke-35 melalui gol yang dicetak oleh Donyell Malen memanfaatkan umpan dari Mats Wieffer.

Unggul satu angka, Belanda berusaha mencari gol tambahan pada sisa waktu babak pertama, namun hingga turun minum, skor 1-0 tetap bertahan.

Pada babak kedua Kroasia memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika Cody Gakpo, gelandang Belanda melakukan pelanggaran di kotak terlarang kepada Luka Modric.

Andrej Kramaric yang maju sebagai algojo, sukses melaksanakan tugasnya usai sepakan penalti yang tidak dapat dibaca oleh Justin Bijlow, kiper Belanda sehingga skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-55.

Berhasil menyamakan kedudukan, skuad asuhan Zlatko Dalic kembali mencetak gol pada menit ke-73 seusai Mario Pasalic membobol gawang Belanda dengan memanfaatkan umpan dari Luka Ivanusec.

Berbalik tertinggal, Belanda terus menekan lini pertahanan Kroasia dan baru membuahkan hasil pada pada menit 90+6, melalui gol yang dicetak oleh Noah Lang sehingga skor berubah menjadi 2-2 pada menit 90+6.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga babak kedua usai dan membuat pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu 2×15 menit.

Selanjutnya Kroasia berhasil kembali unggul pada menit ke-98 ketika tendangan jarak jauh Bruno Petkovic tak dapat dibendung oleh Bijlow.

Kroasia memiliki peluang emas untuk menambah keunggulan setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti selepas Petkovic dijegal oleh Tyrell Malacia di kotak terlarang.

Modric yang maju sebagai algojo juga sukses melaksanakan tugasnya, setelah tendangan gelandang Real Madrid tersebut mampu membobol pertahanan Belanda dan memantapkan langkah Kroasia ke final. (ant/dvn/bil).

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
32o
Kurs