Minggu, 26 Mei 2024

Jeje Wakilkan Tanah Air di Ajang Reli AXCR 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Julian Johan dan Recky Resanto berpose bersama mobil Toyota Land Cruiser 200 yang digunakan untuk ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 di Glamour Auto Boutique, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2023). Foto: Antara

Julian Johan atau Jeje Pereli Indonesia siap bawa nama Indonesia di kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 yang pada tahun ini mengambil rute dari Thailand menuju Laos pada 13-19 Agustus mendatang.

Jeje akan turun di kelas T1G yang merupakan pertarungan sengit untuk mobil-mobil bermesin bensin dengan sistem penggerak 4×4.

“Senang rasanya bisa mengumumkan keikutsertaan saya dan Recky dalam kompetisi Asia Cross Country Rally 2023. Ini merupakan mimpi kecil saya untuk bisa merasakan betapa ganasnya reli Dakar versi Asia. Karena kalau kita bicara tentang reli, salah satu impian saya adalah mengikuti reli Dakar, namun saat ini Asia Cross Country Rally menjadi tujuan yang realistis untuk kawasan Asia,” kata pria 36 tahun dilansir Antara, Selasa (25/7/2023).

Di ajang AXCR, medan yang akan dihadapi oleh Jeje terbilang ekstrem, sebab karakter medan tersebut yang terdiri dari kontur tanah, lumpur, dan aspal untuk melintasi beberapa jalur utama dengan menempuh jarak kurang lebih 2.000 kilometer.

Adapun Jeje juga akan bertemu dengan pereli internasional dari berbagai macam negara.

Sebelum ini, Jeje sudah pernah mengikuti kejuaraan internasional pada 2018, yaitu saat ia bersama co-driver Recky Resanto mengikuti ajang reli yang diselenggarakan di Malaysia.

Kali ini, pasangan Jeje dan Recky akan mengandalkan Toyota Land Cruiser 200 yang telah dipersiapkan dan dimodifikasi sesuai dengan regulasi AXCR 2023.

Hal ini sekaligus membuat Jeje menjadi pebalap Indonesia pertama yang mengendarai Land Cruiser 200 atau LX570 dalam ajang kompetisi tingkat internasional.

Toyota Land Cruiser dipilih karena memiliki nilai sejarah yang kuat, berupa catatan partisipasi dalam ajang reli Dakar selama lebih dari 25 tahun sejak 1995.

Sejarah mencatat SUV ini bukan hanya unggul dari segi penjualan yang kerap merajai segmen full-sized SUV karena ketangguhan dan kenyamanannya serta keandalannya, tetapi dalam kompetisi reli Dakar juga memberikan impresi yang begitu kuat bagi Jeje.

Berbekal kesiapan yang telah dilakukan, Jeje optimis bisa meraih juara dalam kompetisi yang memang didambakan sejak kecil ini.

Asia Cross Country Rally memang bukan hal yang baru bagi saya. Pada 2022, saya dipercaya untuk mendampingi salah satu pereli senior Indonesia dari tim pabrikan Jepang. Melalui pengalaman tersebut, saya sudah bisa mengalkulasi rintangan apa saja dan berharap bisa membawa harum nama Indonesia di kancah internasional,” tutupnya. (ant/bnt/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
32o
Kurs