Kamis, 25 Juli 2024

Kalah Lagi, Pelatih Persebaya Akan Rotasi Pemain Belakang

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Sho Yamamoto pemain depan Persebaya saat menghadapi Barito Putera dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2022/2023. Foto: Persebaya

Persebaya Surabaya kembali menelan kekalahan dengan skor 2-1 atas lawannya Barito Putera dalam lawatan laga tandang di Stadion Demang Lehman Banjarmasin, pada Kamis (9/3/2023).

Dua gol Tim Laskar Antasari ke gawang Persebaya dicetak oleh Yuswanto pada menit ke-32, dan Renan Alves pada menit ke-78. Sedangkan satu-satunya gol Persebaya dicetak oleh Ahmad Nufiandani pada menit ke-52.

Aji Santoso Pelatih Persebaya mengatakan kalau permainan anak asuhnya dalam pertandingan pekan ke-29 ini sebetulnya lebih dominan dalam penguasaan bola.

Tetapi terjadi kesalahan di barisan pertahanan skuad Green Force, sehingga kebobolan dan kembali mendapat hasil negatif.

“Yang pertama tentunya kita tau, meskipun golnya mungkin bisa diperdebatkan antara offside dengan tidak, tetapi yang jelas pemain saya Ridho melakukan kesalahan yang fatal,” ucapnya dalam post match press conference.

Aji menyebut pemain berposisi centre back tersebut melakukan clearance yang tidak tepat, sehingga bola terkena pemain Barito Putera dan dapat dimanfaatkan oleh lawan.

“Tetapi pemain yang heading atau yang mencetak gol tadi, posisinya benar-benar sudah berada di belakangnya Ridho, tetapi saya tidak protes itu, karena wasit sudah memberikan keputusan gol itu sah,” jelasnya.

“Meskipun menurut pengamatan kami dari samping, memiliki pandangan yang berbeda, tetapi saya tetep respect, saya tetep hormati keputusan wasit, terlepas dari kesalahan dan lawan bisa cetak gol, memang antisipasi dari pemain belakang saya (yang kurang-red),” tambahnya.

Padahal, kata Aji, sebelum berangkat ke Banjarmasin dan setiap meeting selalu disampaikan agar pemain memberi penjagaan ketat kepada lawan, terutama pada Renan Alves ketika posisinya mulai naik.

Karena menurutnya, pemain berkebangsaan Brazil itu memiliki freekick dan attacking yang bagus. Hal itu terbukti dengan tercatatnya gol ke gawang Tim Bajul Ijo pada laga hari ini.

“Tetapi tidak tahu di dalam pertandingan mereka lupa atau bagaimana, padahal sudah disampaikan,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Dengan kondisi seperti itu, Aji mengatakan ke depan akan melakukan evaluasi dan dalam pertandingan selanjutnya, kemungkinan besar akan ada rotasi pemain. “Yang jelas pemain belakang akan saya rotasi,” ujarnya.

Sebagai diketahui, dengan hasil tersebut Persebaya masih berada di posisi kedelapan klasemen sementara Liga 1 dengan raihan sebanyak 38 poin dari total 26 pertandingan. (ris/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs