Kamis, 9 Mei 2024

Liga 1 Musim Ini Tetap Tanpa Degradasi, Liga 2 Dimulai di Musim Baru

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ratu Tisha wakil ketum PSSI bersama perwakilan dari klub Liga 1 dan 2 dalam seusai press conference sarasehan sepakbola nasional di Surabaya, pada Sabtu (4/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sarasehan sepak bola nasional yang diadakan oleh PSSI bersama perwakilan seluruh klub Liga 1 dan Liga 2 di Surabaya, telah menghasilkan keputusan.

Ratu Tisha Destria Wakil Ketua Umum PSSI menyatakan, hasil dari pertemuan tersebut yakni, keluarnya keputusan tentang kalender kompetisi dan strategi meningkatkan nilai komersial.

“Sarasehan ini berbicara tentang musim depan, jadi kita memang bersiap untuk musim 2023/2024 dan 2024/2025. Kita tidak ngomongin di musim ini saja, tapi juga transisi menuju musim depan,” ucapnya seusai sarasehan di Surabaya, pada Sabtu (4/3/2023).

Untuk Liga 1, ia menyebut, keputusan yang telah didapat yakni, kick off untuk musim depan akan dimulai pada bulan Juli 2023 dan berakhir pada bulan April 2024.

Sedangkan, untuk kelanjutan Liga 1 musim ini akan dijalankan hingga tuntas serta tetap dengan keputusan tanpa degradasi.

Sementara itu, untuk Liga 2 ia mengatakan, akan dimulai di musim baru pada bulan November 2023 dan berakhir di bulan Juni 2023, atau untuk musim ini tetap tidak dilanjutkan.

“Jadi, keputusan terbesar dari sarasehan ini adalah sepanjang tahun akan ada sepak bola dan bisa menikmati sepak bola baik di Liga 1 maupun di Liga 2,” ucapnya.

Ratu Tisha wakil ketum PSSI bersama perwakilan dari klub Liga 1 dan 2 dalam press conference sesuai sarasehan sepak bola nasional di Surabaya, pada Sabtu (4/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan bahwa dari sarasehan tesebut juga membentuk sistem yang meningkatkan nilai komersial dari Liga 1 dan 2.

“Salah satu strategi dalam menaikkan nilai komersial ini adalah dengan slot waktu yang eksklusif untuk masing-masing liga dengan irisan yang se-minimum mungkin,” ucapnya.

“Jadi, dari kami mengusulkan dan hasil dari sasaran ini telah disepakati, bahwa kick off antara Liga 1 dan Liga 2 akan memiliki jarak, yang fungsinya agar Liga 2 juga bisa memiliki slot waktunya sendiri, setelah irisan dengan Liga 1,” tambahnya.

Ia berharap, dengan keputusan tersebut, kompetisi sepak bola di Indonesia dapat membaik lagi.

“Kita berharap dengan hal ini kualitas kompetisi akan naik, kualitas komersial juga akan meningkat dan pada pembinaan tim nasional juga, serta kesejahteraan bagi klub liga 1 dan liga 2,” ucapnya.

Sebagai diketahui, sarasehan yang mempertemukan semua klub di Liga 1 dan 2 ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh PSSI.

Yang mana, agenda tersebut bertujuan untuk berdiskusi dengan para anggota klub di Liga 1 dan 2 sebelum menyusun program kerja PSSI lebih detail ke depannya.(ris/ihz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
27o
Kurs