Sabtu, 4 Mei 2024

Max Verstappen Jadi Pebalap Pertama yang Ukir 16 Kemenangan di Musim Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Max Verstappen pembalap Red Bull Racing merayakan keberhasilannya memenangi Grand Prix Meksiko yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Minggu (29/10/2023). Foto: Antara Max Verstappen pembalap Red Bull Racing merayakan keberhasilannya memenangi Grand Prix Meksiko yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Minggu (29/10/2023). Foto: Antara

Max Verstappen pebalap Red Bull Racing mengukir kemenangan ke-16 nya musim ini di Grand Prix Meksiko, Senin (30/10/2023) dini hari WIB.

Pebalap asal Belanda itu sukses merebut posisi terdepan dari Charles Leclerc yang menghuni pole position. Ia memimpin jalannya lomba dari awal sampai akhir. Sedangkan Leclerc finis di posisi ketiga

Dikutip Antara dari laman resmi Formula 1, hasil itu membuat Verstappen menjadi pebalap pertama yang mampu memenangi 16 balapan dalam satu musim.

Dia juga menyamai pencapaian Alain Prost pebalap legendaris Prancis dengan 51 kemenangan sepanjang kariernya, berkat kemenangan kelima dari enam edisi balapan Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez.

Sementara itu, Lewis Hamilton pebalap Mercedes finis di posisi kedua, dengan catatan lap tercepat. Sedangkan Charles Leclerc pebalap Ferrari finis di posisi ketiga.

Rekan setim Verstappen, Sergio Perez, tidak meneruskan balapan setelah bertubrukan dengan Leclerc saat ia berusaha menyalip untuk menuju tikungan pertama.

Keluarnya Perez membuatnya hanya tinggal unggul 20 poin atas Hamilton, pada pertarungan untuk memperebutkan peringkat kedua. Hal itu kini menjadi salah satu prioritas bagi Red Bull yang belum pernah menyelesaikan musim dengan finis di posisi satu-dua.

Sementara Carlos Sainz pebalap Ferrari finis di posisi keempat, sedangkan Lando Norris yang membela McLaren finis di posisi kelima setelah mengawali balapan dari posisi ke-17.

George Russell finis di posisi keenam untuk Mercedes, pebalap Australia Daniel Ricciardo mencatatkan poin pertamanya untuk Alpha Tauri di posisi ketujuh, dan kompatriotnya Oscar Piastri di posisi kedelapan untuk McLaren.

Lebih lanjut, Alex Albon yang membela Williams finis di posisi kesembilan, dan Esteban Ocon pebalap Alpine di posisi kesepuluh.

Balapan sempat terhenti untuk pembersihan trek setelah menjalani 34 lap dari total 71 lap, saat Magnussen pebalap Haas bertubrukan yang diduga akibat dari kegagalan suspensi kanan belakang.

Pebalap Denmark itu keluar dari mobil dan duduk di tepi trek, saat bagian belakang mobilnya mengeluarkan api dan safety car terpaksa dikeluarkan sebelum bendera merah dikibarkan.

Balapan dilanjutkan dari posisi start ulang, dengan Verstappen memimpin dari pole dan Leclerc di posisi kedua. Kedua pebalap itu menggunakan ban hard, namun Hamilton yang tepat berada di belakang mereka menggunakan ban medium.

Verstappen memanfaatkan periode kehadiran safety car sebagai kesempatan untuk melakukan pitstop kedua, sedangkan Leclerc masuk pit sebelum kecelakaan yang dialami Magnussen. (ant/feb/bil/ham)

Berita Terkait

Max Verstappen Jadi Pembalap Formula 1 Termuda


..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs