Senin, 29 April 2024

Pecco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023 setelah Martin Menabrak Marquez

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pecco Bagnaia (Ducati) finis pertama dalam MotoGP Valencia sekaligus memastikan gelar juara dunia MotoGP 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (26/11/2023). Foto: Crash

Pecco Bagnaia (Ducati) menjadi pemenang MotoGP Valencia sekaligus juara dunia MotoGP pada tahun ini, Minggu (26/11/2023). Sementara rivalnya Jorge Martin (Pramac Racing) terjatuh dalam insiden dengan Marc Marquez (Repsol Honda).

Balapan di Valencia menjadi penentu siapa juara dunia MotoGP tahun ini. Bagnaia dan Martin bersaing menjadi yang terbaik dengan selisih 14 poin.

Bagnaia langsung memimpin saat start, di mana Martin menguntit di posisi kedua. Kemudian Martin melorot ke peringkat kedelapan setelah senggolan dengan Bagnaia di lap ketiga.

Saat mencoba mengejar, Martin justru terlibat insiden dengan Marquez di lap keenam. Martin menyundul bagian belakang motor Marquez saat ia mencoba menyalip pembalap Spanyol itu.

Insiden ini membuat Marquez terlempar dari motornya dan terjatuh. Sedangkan Martin sendiri juga tidak dapat meneruskan balapan.

Pecco Bagnaia (Ducati) merayakan gelar juara dunia MotoGP 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (26/11/2023). Foto: motorsport

Balapan akhirnya balapan dimenangkan oleh Bagnaia. Fabio Di Giannantonio (Gresini) dan Johann Zarco (Pramac) finis kedua dan ketiga di Valencia.

Bagnaia menjadi pebalap Ducati pertama dalam sejarah yang memenangi dua gelar MotoGP. Selain itu, Bagnaia juga juara berturut-turut pertama sejak Marquez pada 2019.

Sementara itu, dengan tersingkirnya Martin di MotoGP Valencia, kecil kemungkinannya ia akan dipromosikan ke tim pabrikan pada 2024 mendatang.

Sedangkan Marc Marquez dibawa ke pusat medis setelah tabrakannya dengan Martin. Namun segera kembali ke garasi Honda miliknya setelah tampaknya lolos dari cedera serius. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs