Minggu, 28 April 2024

Pemanah Jatim Raih Perunggu di Asian Games dan Tiket Olimpiade 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Aksi Diananda Chairunisa/Riau Ega Agatha Salsabila berbuah medali perunggu di nomor recurve mixed team di Asian Games 2022. Foto: NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro

Diananda Choirunisa/Riau Ega Agatha Salsabila meraih medali perunggu di dalam nomor mixed team recurve di Asian Games 2022 Hangzhou, Rabu (4/10/2023).

Dengan hasil ini membuat Diananda mengunci tiket di nomor recurve perorangan putri di Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Atlet panahan andalan Jawa Timur (Jatim) itu menyusul Arif Dwi Pangestu yang sudah lebih dulu mengamankan tiket recurve nomor perorangan putra dalam Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Jerman, Agustus lalu.

“Selamat. Seperti yang saya katakan, Asian Games 2022 ini harus dimanfaatkan untuk meraih tiket Olimpiade. Ini berhasil dibuktikan oleh panahan,” kata Raja Sapta Oktohari Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Diananda mendapat tiket Olimpiade Paris setelah mempersembahkan medali perunggu bersama Riau Ega. Mereka 6-2 di perebutan medali perunggu.

Sementara emas diamankan oleh pasangan Korea Selatan yang diperkuat Lee Wooseok\Lim Sihyeon usai menumbangkan Takaharu Furukawa\Satsuki Noda dari Jepang dengan skor 6-0.

Dikutip pada laman World Archery, ada enam tiket yang diperebutkan di Asian Games, tetapi hasil di nomor mixed team yang menjadi acuan utama.

Korea Selatan yang menjadi juara di nomor mixed team hanya bisa mendapat tambahan satu tiket di perorangan putri. Sebab Negeri Gingseng ini sudah mengamankan tiga tiket Olimpiade beregu putra di Kejuaraan Dunia Panahan di Berlin, Jerman, Agustus lalu.

Berdasarkan perhitungan ranking, World Archery akhirnya hanya memberikan lima tiket dari enam tiket yang diperebutkan, yakni kepada Korea Selatan (1 putri), China (1 putra, 1 putri), Indonesia (1 putri), dan Mongolia (1 putra).

Indonesia yang sudah mengamankan tiket recurve putra di Berlin, sehingga hanya bisa menambah di nomor beregu. Sebab, persyaratan kualifikasi Olimpiade panahan adalah satu negara yang sudah mengamankan tiket Olimpiade di nomor perorangan, hanya diperbolehkan berebut tiket Olimpiade di nomor beregu.

Indonesia menargetkan tiket ke full team nomor beregu ke Olimpiade. Caranya adalah tampil maksimal di Kejuaraan Asia di Bangkok, November nanti dan di Kejuaraan Dunia di Turki pada Juni 2024. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs