Selasa, 30 April 2024

Penutupan Porprov VIII/Jatim di Mojokerto Suguhkan Budaya Lokal dan Band Ibu Kota

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Kemeriahan opening ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII/2023 Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (9/9/2023) malam. Foto: Humas PB Porprov

Closing Ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur akan digelar di Stadion Gajah Mada Mojosari Kabupaten Mojokerto, pada Sabtu (16/9/2023) mulai pukul 17.00 WIB.

Norman Handito Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto mengatakan, dalam agenda penutupan pesta olahraga di Jatim itu akan dilakukan pemadaman api Porprov VIII dan penyerahan bendera Porprov oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim ke daerah yang akan menjadi tuan rumah selanjutnya.

“Kemudian juga ada penyerahan penghargaan dari Gubernur Jatim kepada daerah yang menjadi juara umum,” ucapnya kepada Radio Suara Surabaya, pada Jumat (15/9/2023).

Untuk memeriahkan penutupan tersebut, kata Norman, akan disuguhkan juga beberapa penampilan seni budaya lokal khas Mojokerto, yakni seperti sandera tani kolosal, kesenian ujung, dan bantengan, serta band ibu kota salah satunya Kangen Band.

“Sendratari kolosal ini ada alur ceritanya, yang akan kami angkat adalah penobatan Tri Buana Tungga Dewi ratu Majapahit yang kemudian kita sambung sampai era ketika Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Itu akan kami libatkan untuk tariannya 680 orang, kami juga akan tambahkan dengan kesenian ujung, yakni kesenian yang pakai penjalin pukul-pukulan, itu sekitar 500 pegiat seni ujung, tentu saja dikolaborasikan dengan siswa-siswi di Mojokerto. Ditambah juga dengan bantengan, sekitar 100 kepala banteng,” jelasnya.

Sementara untuk tribun yang disediakan untuk menonton penutupan Porprov, ia menyebut, kapasitas tribun yang difungsikan kurang lebih dua ribuan.

“Namun kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat pasca acara seremoninya, ketika sudah masuk ke acara hiburan yang kita menghadirkan Kangen Band itu, kita mempersilakan masyarakat bisa masuk sekitar tiga sampai empat ribu untuk masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto juga akan menyedikan live streaming closing ceremony Porporv, sehingga bagi masyarakat yang belum bisa datang ke stadion bisa menonton melalui siaran langsung.

Norman mengajak seluruh masyarakat agar turut memeriahkan gelaran penutupan Porprov tersebut. Apalagi, lanjut dia, akan ada pedagang yang menjajakan produk UMKM-nya selama berlangsungnya penutupan, dan ia mengatakan, Mojokerto juga menyuguhkan berbagai tempat wisata di dekat lokasi closing ceremony.

“Ini event yang langka sekali, kalau kami hitung, 20 atau 30 tahun sekali kita ada di dalam tuan rumah closing ceremony, jadi jangan dilewatkan,” tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang dimeriahkan oleh Kangen Band, Dudy Oris ex Yovie & Nuno, Vinoqi Entertainment, Vandi Mahfud, Meme Angsa, Tari Kolosal dan Firework Party itu diadakan secara gratis.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
31o
Kurs