Jumat, 12 Juli 2024

PLN Pastikan Listrik untuk Piala Dunia U-17 Siap 100 Persen

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Potret lapangan dan rumput Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (29/10/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

PT PLN (Persero) memastikan kesiapan kelistrikan untuk gelaran Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023.

PLN telah merampungkan persiapan kelistrikan di seluruh venue stadion utama, yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo Surabaya.

Darmawan Prasodjo Direktur Utama PLN dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (8/11/2023), mengatakan pihaknya berkomitmen penuh dalam menyukseskan gelaran Piala Dunia U-17 itu.

Diantaranya, dengan suplai listrik andal mulai dari pembangkit, transmisi dan juga distribusi dengan sistem keamanan pasokan berlapis.

“Dengan sejumlah pengalaman yang telah digarap oleh PLN seperti G20, KTT ASEAN, dan kegiatan serupa seperti ASEAN Games, Kejuaran Dunia Motorcross (MXGP) sebanyak tiga kali, Idemitsu Asian Talent Cup (IATC), hingga MotoGP di Mandalika. Tentunya kami bersama-sama telah siap menjaga supply FIFA World Cup U-17 dengan pasokan listrik yang andal dan tetap memperhatikan keselamatan kerja bagi teman-teman di lapangan,” kata Darmawan saat menggelar Apel Siaga Kelistrikan Piala Dunia U17 di Kantor PLN, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Darmawan Prasodjo Direktur Utama PLN (kiri) memimpin langsung Apel Siaga Kelistrikan Piala Dunia U17 bersama unit-unit PLN, sub holding dan anak perusahaan didampingi oleh Adi Priyanto Direktur Distribusi PLN (kedua dari kanan), dan Adi Lumakso Direktur Manajemen Pembangkitan PLN (kanan) di Kantor PLN, Jakarta, Senin (6/11/2023) secara daring melalui video conference. Foto: PLN

Untuk menopang sistem kelistrikan tanpa kedip atau zero down time (ZDT) di venue utama maupun pendukung, PLN menyiapkan 19 unit gardu bergerak (UGB), 31 uninterrutible power supply (UPS), dan 25 genset.

Darmawan menambahkan, kondisi sistem kelistrikan Jawa Bali saat ini juga dalam kondisi aman, dengan pasokan sebesar 43.348 megawatt (MW) dan beban puncak tertinggi 31.081 MW, sehingga terdapat cadangan daya sekitar 12.267 MW.

“PLN telah melakukan 36 program aksi kekuatan keandalan pasokan kelistrikan dari lini pembangkitan, operasi sistem, transmisi distribusi, dan infrastruktur pendukungnya untuk penyelenggaraan U17 piala dunia ini telah selesai 100 persen,” ujarnya.

Untuk memastikan keandalan, PLN juga menyiagakan 1.126 personel di semua lini guna mengawal sistem kelistrikan tanpa kedip selama Piala Dunia U-17

“PLN telah menyiapkan personel sebanyak 1.126 personel, yang tersebar di seluruh venue dan unit dan juga sudah didukung oleh stakeholder atau instansi pengamanan sekitar serta TNI Polri,” kata Darmawan.

Secara khusus, PLN juga mempersiapkan Tim Siaga dalam FIFA World Cup U-17, guna memastikan keandalan sistem kelistrikan di sejumlah unit.

Tim siaga ini merupakan kolaborasi antara PLN beserta sub holding, dan anak perusahaan mulai dari pembangkitan energi primer, operasi sistem, fungsi transmisi, fungsi distribusi, fungsi ritel serta fungsi support dari IT dan komunikasi serta pengamanan dan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)

“Jadi saya melihat tim kita jadi semakin lebih siap, tim kita juga semakin kompak dan sangat solid,” tutup Darmawan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 12 Juli 2024
27o
Kurs