Kamis, 25 April 2024

Plt. Menpora: Belum Ada Surat tentang Pembatalan U-20

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Stadion Gelora Bung Karno (GBK) salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Foto: indonesia.go.id

Muhadjir Effendy Pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt. Menpora) mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima dan melihat surat resmi tentang pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

“Sebagai pelaksana tugas Menpora, hingga saat ini saya belum menerima dan melihat surat hitam di atas putih tentang pembatalan U-20,” kata Muhadjir Effendy usai memimpin Rapat Tingkat Menteri di Jakarta, Rabu (29/3/2023) seperti dilansir Antara.

Karena itu, kata dia, posisi Indonesia hingga saat ini masih sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20.

“Hal ini berlaku sampai ada keputusan FIFA terhadap keberadaan Indonesia sebagai pihak yang sudah ditunjuk sebagai penyelenggara U-20,” katanya.

Pria yang menjabat Menko PMK itu juga mengungkapkan harapannya agar Piala Dunia U-20 FIFA masih dan akan tetap digelar di Indonesia.

Disebutnya kalau Erick Thohir Ketua Umum PSSI mendapat instruksi dan perintah dari Joko Widodo (Jokowi) Presiden, untuk menemui FIFA guna mencari solusi kelanjutan Piala Dunia U-20.​​​​​​

Jokowi sendiri menjamin keikutsertaan tim nasional Israel dalam Piala Dunia U-20 2023, tidak berkaitan dengan konsistensi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Presiden juga menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia sependapat dengan Zuhair Al-Shun, Duta Besar Palestina untuk RI dalam urusan Piala Dunia U-20.

“Bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dengan urusan politik,” ujarnya menegaskan.

Presiden mengawali pernyataan resminya itu dengan menegaskan bahwa Indonesia memiliki prinsip yang secara konsisten dan teguh memperjuangkan serta mendukung kemerdekaan bangsa Palestina.

Kepala Negara menjelaskan bahwa Indonesia memperoleh hak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 melalui proses bidding atau seleksi panjang, hingga berhasil mengungguli dua negara kandidat terakhir yakni Brazil dan Peru. Menurut Jokowi hal tersebut sebuah kehormatan besar bagi bangsa Indonesia.

FIFA telah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Oktober 2019. Namun Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 diundur menjadi tahun 2023, mengingat saat itu masih dalam kondisi pandemi Covid-19. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs