Jumat, 29 Maret 2024

PSSI Dorong Maksimal Satu Pemain Naturalisasi di Klub Liga 1 dan 2

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ratu Tisha wakil ketum PSSI bersama perwakilan dari klub Liga 1 dan 2 dalam seusai press conference sarasehan sepakbola nasional di Surabaya, pada Sabtu (4/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Erick Thohir Ketua Umum PSSI mengungkapkan dalam Sarasehan Sepak Bola di Surabaya, Sabtu (4/3/2023) lalu, pihaknya mendorong agar setiap klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia diperkuat maksimal satu pemain naturalisasi.

“PSSI mengambil posisi, kalau bisa pemain naturalisasi hanya satu orang. Jika tidak, kapan pesepak bola Indonesia akan bermain,” ujar Erick di GBK Arena, Jakarta, Minggu (5/3/2023).

Dilaporkan Antara, menurut pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu, selain memberikan kesempatan kepada pemain lokal, pembatasan jumlah pemain naturalisasi juga untuk menegakkan keadilan di kompetisi.

Namun, Erick menegaskan bahwa kebijakan tersebut baru sebatas usulan dan masih akan dibicarakan dengan pihak-pihak terkait.

“Ini bagian dari menata untuk mencari titik temu bersama dan belum tuntas,” kata mantan Presiden Inter Milan itu.

Sementara terkait pemain asing, Erick menyebut bahwa klub-klub sepakat kompetisi Liga 1 Indonesia 2023-2024 menggunakan skema 5+1. Artinya, setiap tim bisa diperkuat maksimal lima pemain asing non-ASEAN dan satu pemain impor dari kawasan ASEAN.

Terkait hal ini, Teddy Tjahjono Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) selaku perusahaan yang menaungi klub Persib, menyatakan bahwa 5+1 itu sesuai dengan regulasi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Namun, dalam pertandingan, tim-tim Liga 1 setuju bahwa penerapan 5+1 itu berubah menjadi 4+1. Dengan demikian, ada satu pemain asing yang tidak masuk dalam daftar susunan pemain (DSP).

“Karena pemain lokal minim, maka 18 klub Liga 1 setuju, yang didaftarkan di DSP hanya 4+1. Ini juga masuk dalam diskusi keseimbangan antara klub-klub dan PSSI,” tutur Teddy.

Lain dengan Liga 1, Liga 2 2023-2024 disepakati oleh tim-tim peserta akan diperkuat pemain asing dengan komposisi 1+1. Artinya, setiap tim dapat dibela satu pemain asing nonASEAN dan satu pemain impor ASEAN. (ant/ihz/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs