Sabtu, 27 April 2024

Rafael Nadal Buka Peluang Lanjutkan Karier Setelah Musim 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Rafael Nadal Petenis Spanyol menyapa para penonton saat akan meninggalkan lapangan seusai dikalahkan Borna Coric dalam Cincinnati Masters di Mason, Ohio, Amerika Serikat, Rabu (17/8/2022). Foto: AFP

Rafael Nadal membuka kemungkinan untuk melanjutkan kariernya setelah musim 2024. Dia mengakui adanya prosentase tinggi bahwa sedang melakukan perjalanan terakhirnya sebagai petenis di Australia.

Menjelang comeback-nya setelah absen selama 12 bulan karena cedera di turnamen pembuka musim Brisbane International, petenis 37 tahun itu mengatakan tidak tahu pasti apa yang akan terjadi di masa depan.

“Masalahnya dengan mengatakan ini akan menjadi musim terakhir saya adalah saya tidak bisa memprediksi 100 persen apa yang akan terjadi di masa depan,” jelas Nadal, dilasir Antara pada Minggu (31/12/2023).

“Itulah mengapa saya mengatakan ‘mungkin’. Jelas sekali persentasenya tinggi bahwa ini akan menjadi kali terakhir saya bermain di Australia,” imbuhnya.

Meski bukan keputusan yang mudah, besar kemungkinan comeback kali ini menjadi terakhir. Sebab dirinya tidak mengetahui kondisi tubuhnya enam bulan kedepan. Sehingga dia mengatakan tidak bisa memprediksi tubuhnya untuk memungkinkann bermain tenis seperti 20 tahun kebelakang.

“Tetapi jika saya berada di sini tahun depan, jangan katakan kepada saya, ‘Anda dahulu bilang ini akan menjadi musim terakhir Anda, karena saya tidak mengatakannya,” ujar petenis Spanyol itu.

Lebih lanjut, juara Grand Slam 22 kali itu mengatakan bahwa musim lalu adalah musim yang berat dengan operasi cedera pinggul yang harus dia jalani sebanyak dua kali, dan dia sempat mempertimbangkan untuk berhenti bermain kompetitif selama masa pemulihannya.

Meski demikian, dia tidak pernah kehilangan kecintaannya kepada olahraga tenis yang memotivasi dia untuk terus maju.

“Tentu saja saya bertanya pada diri sendiri (tentang pensiun), tapi pada titik tertentu saya memutuskan untuk terus maju. Saya punya tekad untuk terus maju,” ungkapnya.

Diketahui, Nadal memulai comeback tunggalnya melawan petenis kualifikasi pada babak pertama di Brisbane setelah absen karena cedera pinggul di Australian Open 2023. Dia akan kembali bermain pada Minggu malam dengan bermain ganda.

Setelah absen dalam waktu yang lama dia tidak memasang harapan tinggi untuk musim baru dan hanya akan menjalaninya dari minggu ke minggu.

“Berkompetisi itu berbeda dengan latihan, tapi dalam hal latihan bersama teman-teman di sini, saya cukup senang karena merasa kompetitif melawan petenis yang saya kalahkan saat latihan,” ujar Nadal. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs