Rabu, 1 Februari 2023

Menpora Minta Stadion GBT Tidak Digunakan Bertanding Selama Perbaikan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Zainuddin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) saat didampingi oleh Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Amir Burhanuddin Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim saat meninjau stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Sabtu (15/10/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meminta supaya Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, tidak digunakan untuk pertandingan selama masa perbaikan.

Dia mengatakan, sudah mengirim surat kepada FIFA untuk melakukan perbaikan Stadion GBT, dan rencananya dimulai akhir Oktober 2022.

“Dengan demikian, stadion ini tentu tidak akan digunakan sementara sampai dengan selesainya pelaksanaan FIFA U-20 World Cup 2023,” ucapnya di Stadion GBT, Sabtu (15/10/2022) malam.

Pada kesempatan itu, Amali juga menyebut pihaknya sudah berkomunikasi dengan PSSI untuk tidak memakai sementara stadion yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20.

“Menurut informasi, PSSI juga sudah berkomunikasi dengan klub-klub, baik itu dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang akan menggunakan stadion, dan mereka sudah setuju (tidak menggunakannya),” ucapnya.

Keputusan itu, lanjut Menpora, bertujuan supaya stadion terawat dengan baik sampai dimulainya perhelatan sepak bola bertaraf internasional tersebut.

“Untuk kepentingan yang lebih besar, untuk Piala Dunia, stadion ini akan diperbaiki supaya lebih bagus, akan direnovasi. Makanya, untuk sementara tidak bisa digunakan dulu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Amali bilang FIFA sekarang sudah berada di Indonesia dan berkantor di Jakarta, untuk memantau persiapan Piala Dunia U-20.

“FIFA sudah ada di sini, mereka sedang melihat kesungguhan kita untuk memperbaiki dan lain sebagainya,” tambahnya.

Menpora berharap, kekurangan yang ada di stadion GBT segera diperbaiki. Sehingga, memenuhi standar FIFA secara keseluruhan, dan bisa digunakan untuk perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2023.(ris/dfn/rid)

Berita Terkait