Jumat, 29 Maret 2024

Stadion Manahan Jadi Tuan Rumah Kualifikasi Piala Asia U-23

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI meninjau Stadion Manahan di Surakarta pada Minggu (4/6/2023). Foto: PSSI

PSSI memilih Stadion Manahan di Surakarta sebagai tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang digelar 4-12 September. Erick Thohir Ketua Umum PSSI yakin Stadion Manahan sangat layak untuk menggelar event itu.

“Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA,” ucap Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan pada Minggu (4/6/2023).

Indonesia tergabung di Grup K dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda akan bersaing dengan Taiwan dan Turkmenistan. Dari total sebelas grup di babak kualifikasi ini, hanya Grup K yang berisi tiga tim. Sedangkan sepuluh grup lainnya berisikan empat tim.

Babak kualifikasi diikuti 43 negara. Hanya 15 tim yang akan lolos ke babak utama Piala Asia U-23 2024 yang digelar 15 April hingga 3 Mei tahun depan. Tim-tim yang lolos ke babak utama terdiri dari sebelas juara grup dan empat runner-up terbaik. Mereka akan bergabung dengan Qatar yang lolos otomatis dengan status tuan rumah ajang ini.

Erick menyebut persaingan di babak grup bakal sangat ketat. Ia berharap publik Surakarta memberikan dukungan penuh untuk perjuangan Garuda Muda. “Serta tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita. Sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepak bola Indonesia,” ucap Erick dalam laman resmi PSSI.

Erick juga menegaskan bahwa tim nasional Indonesia akan berjuang maksimal di kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Sebab ajang ini sekaligus menjadi babak kualifikasi untuk Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

“Status tuan rumah harus benar-benar dimanfaatkan. Saya berharap, penggemar dan suporter akan membanjiri stadion untuk memberikan dukungan maksimal kepada Timnas,” harap pria yang menjabat Menteri BUMN itu. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs