Minggu, 5 Mei 2024

Surabaya Ajukan Stadion GBT Jadi Venue Piala Dunia U-17

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Suasana pertandingan babak kedua FIFA Matchday Indonesia menjamu Palestina di Stadion GBT, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6/2023). Foto: Nadaa suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyatakan siap dan langsung mengajukan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 10 November-2 Desember 2023 mendatang.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, pengajuan itu sudah disampaikan langsung ke Erick Thohir Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) via telepon.

“Kita sudah sampaikan waktu Ketua PSSI kontak via telepon. Nanti kita akan ditelepon untuk membuat surat komitmen seperti Piala Dunia U-20. Surat kesediaan. Iya (kemudian) kita menunggu kabar (disetujui tidaknya),” katanya, Senin (26/6/2023).

Meski demikian, hingga pengumuman resmi yang dilakukan FIFA, Jumat (23/6/2023) lalu, bahwa Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17, Eri menyebut belum ada pemberitahuan Stadion GBT terpilih atau tidak.

“Belum ada pemberitahuan, tapi kita siap jika dijadikan venue pertandingan. Kalau stadion dan semuanya sudah kita siapkan waktu menjamu Palestina (14 Juni 2023), dan itu sudah standar internasional,” ujarnya.

Tapi menurut Eri, Stadion GBT secara standar operasional prosedur (SOP) sudah sesuai syarat stadion internasional. Ia memastikan siap sewaktu-waktu ditunjuk jadi tuan rumah.

Diketahui, Erick Thohir Ketum PSSI pun merespons akan mencarikan solusi terbaik atas bentroknya jadwal pertandingan FIFA Matchday Piala Dunia U-17 dengan konser Coldplay 15 November 2023 nanti.

Ia pun sempat menyebut beberapa stadion lain yang sudah dinyatakan siap untuk Piala Dunia U-20 namun Indonesia batal jadi tuan rumah.

“Mangkanya saya mohon FIFA Matchday itu harus jadi kalender utama. Alhamdulillah Indonesia juga punya lapangan besar sekarang, ada GBT, ada JIS, nanti kita lihat sesuai tidak,” ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (24/6/2023) lalu.

Senada dengan Erick Thohir, Joko Widodo Presiden RI juga mengaku akan mencari solusi terbaik bentroknya jadwal konser Coldplay dengan Piala Dunia U-17 yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Terlepas dari itu, ia tak ambil pusing karena masih banyak stadion lain yang siap termasuk Stadion GBT.

“Nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK. Yang lain kan ada, ada JIS kan ada. Ada di Manahan ada. Ada di Jalakharupat ada. Banyak. Ada di Surabaya, Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita ini banyak kok yang sudah siap,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Palmerah Jakarta seperti dilansir Antara, Senin (26/6/2023). (lta/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs