Minggu, 25 Februari 2024

Terobos Lapangan dan Peluk Messi, Penggemar Dihukum Tak Boleh ke Stadion Setahun

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang penggemar (tengah) memeluk Lionel Messi pesepak bola Argentina (kanan) dalam pertandingan sepak bola persahabatan antara Australia dan Argentina di Stadion Pekerja di Beijing, Kamis (17/6/2023). Foto: AFP

Penggemar berat Lionel Messi bintang sepak bola Argentina di Beijing, China, ditahan di sel kepolisian setempat dan dikenai larangan memasuki stadion untuk menonton pertandingan sepak bola selama 12 bulan atau satu tahun.

Hukuman itu dikenakan terhadap seorang penggemar berusia 18 tahun yang nekat masuk ke lapangan untuk memeluk Messi, saat pertandingan antara Argentina melawan Australia masih berlangsung di Worker’s Stadium, Beijing, Kamis (15/6/2023) malam.

“Pertandingan itu ada aturannya. Penggemar sepak bola yang menonton pertandingan harus menaati aturan. Tindakan menerobos garis pembatas harus dikenai hukuman sesuai dengan aturan yang berlaku,” tulis pihak Kepolisian Distrik Chaoyang, Beijing, dalam keterangannya, Jumat (17/6/2023).

Melansir Antara, Sabtu (17/6/2023), pada babak kedua laga persahabatan FIFA Matchday itu, penggemar tersebut melompat dari tribun dan berlari memasuki lapangan. Dia sempat memeluk Messi dan berpose selama beberapa detik dengan sang Mega Bintang sepak bola itu.

Tiga petugas mengejarnya, namun tidak berhasil. Bahkan ada seorang petugas dibuatnya terjatuh.

Di terus berlari menuju kiper Argentina Emiliano Martinez dan terus memutar sampai akhirnya beberapa petugas keamanan, termasuk aparat kepolisian berhasil menjatuhkannya di kotak penalti depan gawang Australia

Pertandingan yang disaksikan 50.000 penonton itu pun, sempat terhenti beberapa menit akibat insiden yang viral di jagat maya China itu. Dalam video wawancara yang dirilis akun Twitter Messi Fan Club, penggemar itu menyampaikan permintaan maafnya.

“Saya telah memeluk Messi, tapi saya tidak bisa mendapatkan tanda tangannya,” ucapnya.

Ia juga mengaku ingin pergi ke Miami untuk meminta tanda tangan Messi. “Tapi saya tidak akan buru-buru ke lapangan dan tidak akan mengulangi kesalahan hari ini,” katanya sambil mengakui kesalahannya.

“Senyuman pada wajah penggemar itu, meskipun tertangkap, menunjukkan arti dari mewujudkan impian bertemu dengan Leo Messi,” tulis unggahan di akun Twitter @WeAreMessi.

Sementara itu, di akun Weibo atau Twitter ala China, Messi menyampaikan terima kasih atas dukungan para penggemarnya di China.

“Lautan orang mengenakan kostum biru-putih Argentina di ibu kota China pada Kamis malam dan hampir semua bertuliskan Messi di belakangnya,” tulis Messi.

Dalam pertandingan persahabatan melawan Australia tersebut, tim juara Piala Dunia 2022 tersebut unggul dua gol, satu gol di antaranya dicetak Messi ketika permainan baru berlangsung dua menit.

Akibat banyaknya penggemar timnas Argentina yang mengepung hotel tempat menginap para pemain di Beijing, beberapa agenda Messi terpaksa dibatalkan.

Adapun saat tiba di Beijing, pada Sabtu (10/6/2023), Messi dan beberapa rekan setimnya sempat tertahan di pos pemeriksaan keimigrasian bandara. Petugas keimigrasian butuh waktu sekitar dua jam untuk memeriksa paspor Messi yang kabarnya tidak dilengkapi visa dari otoritas China.(ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs