Rabu, 8 Mei 2024

Timnas Indonesia Jamu Turkmenistan di GBT Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Erick Thohir meninjau Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada Selasa 6 Juni 2023 lalu. Foto: Dok/PSSI

Tim nasional Indonesia akan menjamu Turkmenistan pada 8 September nanti, meskipun pada FIFA Match Day hanya akan memainkan satu pertandingan.

Pada sela-sela FIFA Match Day sebelumnya, Indonesia selalu memainkan dua pertandingan dengan berperan sebagai tuan rumah.

“Kita mesti ingat bahwa kita menjadi tuan rumah kualifikasi AFC U-23 di Solo, yaitu tanggal 9 dan 12 kita akan bertanding, dan komposisi timnas pun banyak usia muda sebenarnya, di bawah U-23, seperti waktu melawan Argentina,” ungkap Erick Thohir Ketua Umum PSSI dilansir Antara, Sabtu (22/7/2023).

“Kami akan isi satu pertandingan tanggal 8 melawan Turkmenistan. Itu nanti di GBT (Gelora Bung Tomo) Surabaya, hanya satu, tidak dua. Kami harus memastikan pemain bisa mengisi program-program pertandingan pada September,” imbuhnya.

Indonesia merupakan tuan rumah Grup K kualifikasi Piala Asia U-23, yang akan dimainkan pada 6 sampai 12 September di Stadion Manahan, Solo. Di grup tersebut, timnas akan menghadapi Taiwan dan Turkmenistan.

Sebelumnya, pertandingan FIFA Match Day terakhir yang dimainkan oleh pasukan Garuda Indonesia Juni silam berakhir imbang tanpa gol dengan Palestina serta ditundukkan tim peringkat satu dunia Argentina dengan skor 0-2.

Sedangkan, pada pertandingan FIFA Match Day yang terakhir dimainkannya, Turkmenistan kalah 0-1 saat bertemu Malaysia pada Maret silam.

Setelah itu, Turkmenistan terpuruk saat bermain di CAFA Nations Cup (Piala Asia Tengah) 2023 Juni silam. Mereka berakhir imbang 1-1 saat menghadapi Tajikistan, dan kalah 0-2 baik dari Uzbekistan maupun Oman.

Adapun Erick menyatakan Turkmenistan nanti akan memberdayakan tim senior nanti saat berhadapan dengan timnas Indonesia.

“Lawan Turkmenistan yang saya mengerti itu tim senior. Pada tanggal 8 di Surabaya, tetapi apakah ada irisan dengan timnas U-23, saya tidak tahu. Yang pasti sudah ada kesepakatan dengan pelatih Shin Tae-yong bahwa tanggal 8 kita melawan Turkmenistan yang tim senior, lalu menurut kalender lawan Taiwan tanggal 9 (kualifikasi Piala Asia U-23) dan lawan Turkmenistan lagi tanggal 12, jadi kita akan lihat detail pemainnya,” pungkas Erick. (ant/bnt/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
25o
Kurs