Sabtu, 2 Maret 2024

Vingegaard Selangkah Lagi Pertahankan Gelar Juara Tour de France

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tadej Pogacar pebalap tim UAE Emirates asal Slovenia (kanan) menuju finis di depan Jonas Vingegaard pebalap Jumbo-Visma (kiri) pada etape 20 Tour de France, Prancis, Sabtu (22/7/2023). Foto: Antara

Jonas Vingegaard pesepeda Denmark sukses menyelesaikan etape pegunungan terakhir dari Belfort ke Le Markstein Fellering, dengan trek sepanjang 133,5 km demi selangkah lagi mempertahankan gelar juara Tour de France.

“Menjuarai Tour de France untuk kedua kalinya terasa sama luar biasanya dengan yang pertama,” ujarnya.

Vingegaard unggul atas Tadej Pogacar pesepeda Slovenia yang memenangi etape 20 dan penultima pada Tour musim ini, dengan margin 7 menit 29 detik menuju etape seremonial dengan garis finis di Champs Elysees, Minggu (23/7/2023).

“Saya sangat menghargai bagaimana indahnya pertarungan saya dengan Tadej selama ini. Dia adalah orang yang luar biasa dan telah memberikan perlawanan yang luar biasa sejak (start) di Bilbao,” ujar Vingegaard dalam keterangannya yang dilansir Antara.

Carlos Rodriguez melengkapi lima besar klasemen umum sementara, dengan Adam Yates di urutan ketiga diikuti oleh Simon Yates saudara kembarnya di peringkat empat.

Pogacar tampak saling jual beli serangan bersama Vingegaard, namun sang pebalap tim Jumbo-Visma menunjukkan supremasinya sebagai raja tanjakan ketika memenangi time trial terberat pada etape pegunungan awal pekan ini.

“Tiga pekan ini telah menyaksikan pertarungan yang gila, saya yakin para fan menyukainya. Kami masih harus berhati-hati dengan etape di Paris, karena apapun bisa terjadi,” pungkasnya.

Di sisi lain, Giulio Ciccone pebalap Italia masih mengenakan kaus polkadot untuk klasifikasi tanjakan, sedangkan Jasper Philipsen pebalap Belgia saat ini memegang kaus hijau sebagai pemuncak klasifikasi poin. (ant/fra/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
27o
Kurs