Kamis, 22 Februari 2024

Vingegaard Ungguli Pogacar Lewat Kemenangan Etape 16

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tadej Pogacar pembalap tim UAE Emirates (kiri) asal Slovenia menyapa Jonas Vingegaard pembalap tim Jumbo-Visma (kanan) asal Denmark. Foto: Antara

Juara bertahan Jonas Vingegaard mengalahkan Tadej Pogacar dengan margin satu menit 38 detik pada etape 16 yang menjadi time trial pegunungan Tour de France di Combloux, Prancis, Selasa (18/7/2023).

Dengan kemenangan ini, Vingegaard sekaligus mencatatkan sejarah sebagai pembalap pertama asal Denmark yang menjuarai Insane Time Trial (ITT) Tour de France dan mempersembahkan kemenangan pertama bagi tim Jumbo-Visma tahun ini, dilansir Antara.

“Ini kemenangan time trial pertama saya di Tour de France, saya sangat senang dengan kemenangan hari ini dan sangat bangga dengan itu,” kata Vingegaard.

Vingegaard memantapkan dirinya sebagai pemegang kaus kuning dengan berhasil memuncaki klasemen umum mengungguli Pogacar yang hanya lolos di urutan kedua dengan jarak satu menit 48 detik.

“Saya rasa sejujurnya hari ini saya cukup terkejut dengan hasil time trial yang saya dapati, saya tidak mengira saya bisa tampil sangat baik hari ini di time trial,” tambahnya.

Selepas jeda dan memasuki pekan ketiga Tour, Vingegaard tampil kuat sejak awal dengan memacu sepedanya 16 detik lebih cepat dari Pogacar pada 7km pertama di ITT sepanjang 22,4km tersebut.

Pada Tour edisi ke-110 ini, Vingegaard dan Pogacar memang sudah unjuk gigi dengan saling kejar mengejar sejak awal.

Pogacar harus mengganti sepedanya di tengah jalan, sehingga sang rival asal Denmark tersebut memperlebar jaraknya menjadi 31 detik dan menggandakan keunggulannya hingga satu menit di puncak ITT Tour de France. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
32o
Kurs