Sabtu, 27 April 2024

Yunus Nusi Mundur, Zainudin Amali Jadi Waketum 2 PSSI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Yunus Nusi Sekjen PSSI dalam konferensi pers, Minggu (2/10/2022) terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Foto: Tangkapan layar

Ratu Tisha Destria dan Yunus Nusi mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027, yang berlangsung sore hari ini, Kamis (16/2/2023), di Hotel Shangri La, Jakarta.

Dalam forum Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Ratu Tisha mengumpulkan 54 suara, dan Yunus Nusi 53 suara. Sedangkan Zainudin Amali mendapatkan 44 suara.

Hasil itu yang menjadi acuan PSSI menetapkan Ratu Tisha dan Yunus Nusi sebagai Waketum 1 dan 2, masa tugas empat tahun ke depan.

Tapi, beberapa jam sesudah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum 2, Yunus Nusi mengundurkan diri tanpa alasan jelas.

Lewat keterangan pers, pihak PSSI mengonfirmasi mundurnya Yunus Nusi yang periode lalu menjabat Sekretaris Jenderal PSSI.

Dengan begitu, Zainudin Amali yang mendapat dukungan suara tepat di bawah Yunus Nusi berhak menjabat Waketum PSSI periode 2023-2027.

Sebelumnya, Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI berkat dukungan mayoritas pemilik suara.

Dari total 86 pemilik suara, Erick mendapatkan 64 suara, dan La Nyalla Mattalitti meraih 22 dukungan. Sedangkan dua calon lainnya yaitu Arif Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi tidak mendapat suara.

Merujuk Pasal 38 Statuta PSSI Tahun 2019, masa jabatan satu periode Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI selama empat tahun.

Di dalam Pasal 38 Ayat (1), Komite Eksekutif PSSI berjumlah 15 orang, terdiri dari satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota yang di antaranya dari kalangan perempuan. (rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs