Minggu, 14 April 2024

20 Klub Berkuda akan Ikuti Master Jumping 2024 di Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Konferensi Pers kejuaraan Jumping Master 2024, Senin (19/2/2024), yang akan diadakan di Surabaya. Foto: Risky suarasurabaya.net Konferensi Pers kejuaraan Jumping Master 2024, Senin (19/2/2024), yang akan diadakan di Surabaya. Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 20 klub berkuda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia akan mengikuti kejuaraan Jumping Master 2024 di Equestrian Complex Surabaya dalam dua seri. Pertama digelar pada 29 Februari hingga 3 Maret dan kedua pada 25 hingga 28 April 2024.

Bagus Indra Prasetya Director of Event Jumping Master mengatakan, dari total seluruh klub yang terdaftar itu, saat ini tercatat ada sebanyak 120 ekor kuda yang akan mengikuti lomba tersebut.

“Kejuaraan berkuda ini merupakan equestrian, khususnya show jumping atau lompat rintangan. Jadi lebih kepada ketangkasan, berbeda dengan pacuan kuda,” katanya dalam press conference di Surabaya, pada Senin (19/2/2024).

Ia mengatakan, kejuaraan berkuda itu bertujuan untuk meningkatkan dan memeratakan kualitas atlet berkuda hingga klub equestrian di seluruh wilayah di Indonesia.

Selain itu, juga untuk mempopulerkan olahraga berkuda, agar banyak masyarakat yang tertarik dan mulai menghilangkan pandangan bahwa olahraga berkuda hanya bisa diikuti oleh orang-orang tertentu karena dianggap ekslusif dan mahal.

“Jadi kita berusaha mempopulerkan dengan konsep yang berbeda, yakni dikemas seperti party. Tetap pada sisi olahraga, tetapi juga harus fun,” katanya.

Dalam kejuaraan berkuda itu, mempertandingkan kategori lompatan terpendek untuk kelas pembinaan yakni dari 50-85 cm untuk kelas pembinaan. Hingga, lompatan tertinggi 90-125 cm untuk kelas pro.

Sedangkan untuk usia atlet berkuda, diikuti kelas termuda U-16 hingga kelas open atau dewasa yang tanpa batasan usia.

“Olahraga ini cukup bagus, bisa memberikan dampak yang baik untuk anak-anak dan juga semuanya yang melakukan. Sehingga manfaatnya boleh kita nikmati dari sejak kita memulainya,” katanya.

Kejuaraan Jumping Master yang digelar tahun ini, merupakan yang ketiga kalinya. Ia berharap, kegiatan tersebut bisa menghasilkan atlet-atlet berkualitas dan banyak masyarakat yang tertarik.

“Mudah-mudahan pelaksanaan olahraga berkuda ini, bisa membawa manfaat dan kebaikan untuk semuanya,” ucapnya.

Seperti diketahui, untuk total atlet lomba berkuda itu, hingga saat ini belum bisa dipastikan berapa jumlahnya hingga mendekati kejuaraan nanti dimulai. Begitu juga dengan jumlah klub yang sudah daftar, masih bisa bertambah sebelum kejuaraan akan digelar. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
28o
Kurs