Minggu, 21 Juli 2024

Euro 2024: Skotlandia Imbangi Swiss dan Jaga Asa Lolos 16 Besar

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Duel antara Skotlandia dengan Swiss berakhir dengan skor imbang 1-1 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Kamis (20/6/2024) dini hari WIB. Foto: UEFA

Skotlandia menjaga asa lolos ke babak selanjutnya dengan menahan imbang Swiss 1-1 dalam matchday kedua Grup A Euro 2024 di Stadion RheinEnergie, Cologne pada Kamis (20/6/2024) dini hari WIB.

Skotlandia mampu unggul terlebih dahulu melalui gol Scott McTominay. Namun Swiss dapat menyamakan kedudukan lewat Xherdan Shaqiri.

Dilansir dari Antara, hasil ini membuat Skotlandia naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan satu poin dari dua laga. Sedangkan Swiss tetap menempati posisi kedua dengan empat poin.

Jalannya pertandingan
Skotlandia mencuri keunggulan lebih dahulu lewat skema serangan balik lalu Scott McTominay melepaskan tendangan yang masuk ke gawang Swiss pada menit ke-13 sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Swiss mau tak mau harus lebih bermain keluar menyerang. Mereka mendapat kans lewat tendangan Ruben Vargas yang masih dapat dihalau lini pertahanan Skotlandia.

Swiss akhirnya menyamakan kedudukan pada menit 26 lewat gol Xherdan Shaqiri. Ia memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Skotlandia sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Skuad asuhan Murat Yakin sempat berbalik unggul melalui gol yang dicetak oleh Dan Ndoye. Namun gol tersebut dianulir karena pemain tersebut lebih dulu berada dalam posisi offside.

Skotlandia berbalik memberikan ancaman lewat tendangan Che Adams, akan tetapi upayanya tersebut masih dapat diamankan Yann Sommer kiper Swiss.

Kedua negara terus berupaya untuk mencari gol pada sisa waktu babak pertama, namun skor sama kuat 1-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Swiss mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan menciptakan peluang lewat tendangan Vargas yang dapat diamankan Angus Gunn kiper Skotlandia.

Swiss kembali menciptakan peluang, kali ini lewat tendangan Dan Ndoye yang masih menyamping tipis dari gawang Skotlandia.

Skotlandia berbalik memberikan ancaman melalui sundulan Grant Hanley setelah menerima umpan tendangan bebas Andy Robertson, namun bola masih mengenai tiang gawang.

Jual beli serangan dari kedua negara terus terjadi, Swiss sempat kembali membobol gawang Skotlandia lewat Breel Embolo, namun dianulir oleh wasit karena offside.

Pada sisa waktu pertandingan, kedua negara tetap bermain terbuka dan saling melancarkan serangan, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-1 tetap bertahan. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs