Sabtu, 18 Mei 2024

Indonesia Turunkan Kekuatan Terbaik pada Final Piala Thomas 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tim Thomas Indonesia. Foto: PBSI

Tim bulu tangkis putra Indonesia siap menurunkan kekuatan terbaik demi meraih gelar juara pada babak final Piala Thomas 2024 yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024), mulai pukul 17.00 WIB.

Antara melaporkan, Anthony Sinisuka Ginting masih menjadi tunggal putra pertama dan akan berjumpa dengan Shi Yu Qi pada partai pertama. Kedua pemain unggulan ini sudah cukup sering bertemu di lapangan, dengan Shi mengoleksi 8 kemenangan dari 10 kali pertemuan mereka sejauh ini.

Namun, pertemuan terakhir mereka di BWF World Tour Finals 2023 dimenangkan oleh Ginting melalui rubber game dengan skor 11-21, 21-7, 21-17.

Pada rangkaian pertandingan Piala Thomas 2024, Ginting menelan satu kekalahan dari lima penampilan. Sementara, Shi tidak pernah satu pun kalah dari lima pertandingan sejauh ini.

Dengan kekuatan yang terbilang cukup berimbang, Ginting memiliki peluang yang terbuka untuk membuka poin pertama buat Indonesia di babak puncak ini.

Beralih ke ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bakal berjumpa dengan pasangan nomor satu dunia Liang Wei Keng/Wang Chang. Sejauh ini, Liang/Weng unggul 4-2 atas Fajar/Rian, dan kalah dua kali dari lima penampilan mereka di rangkaian Piala Thomas 2024.

Sementara, Fajar/Rian sejauh ini telah memegang dua kemenangan dari tiga kali turun pada ajang beregu putra kali ini. Dengan kekuatan yang cukup berimbang, pertarungan antara dua pasangan terbaik dari negeri masing-masing ini patut untuk dinantikan.

Beralih ke partai ketiga, akan ada Jonatan Christie yang berjumpa dengan Li Shi Feng sebagai wakil dari sektor tunggal. Secara head-to-head, Jonatan unggul 5-1 dari Li, dengan kemenangan terakhir direbut oleh Jonatan pada Kejuaraan Bulutangkis Asia (BAC) 2024 melalui straight game.

Dengan Jonatan yang tidak pernah kalah dalam lima penampilannya di Piala Thomas 2024, tentu besar harapan bahwa Jonatan bisa menjadi salah satu penentu kemenangan Indonesia di kejuaraan beregu ini.

Lebih lanjut, ganda kedua dari Indonesia adalah Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang akan menantang He Ji Ting/Ren Xiang Yu di partai keempat. Kedua pasangan bisa dibilang memiliki kemampuan yang berimbang, dengan Bagas/Fikri unggul 2-1 dalam tiga pertemuan mereka.

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi ujung tombak pada babak final Piala Thomas 2024 dan dijadwalkan untuk bersua dengan Lu Guang Zu. Sejauh ini, mereka imbang 1-1 pada dua pertemuan, dengan kemenangan terakhir dibukukan oleh Chico pada semifinal Malaysia Masters 2022.

Sementara itu, ini merupakan penampilan final Piala Thomas ke-22 bagi skuad Merah Putih, serta final ketiga mereka secara berturut-turut.

Piala Thomas terakhir dibawa pulang oleh tim putra Indonesia pada tahun 2020 di Aarhus, Denmark. Kemenangan tersebut merupakan pencapaian yang sangat diapresiasi oleh para penggemar bulu tangkis, karena Indonesia berhasil memboyong Piala Thomas di turnamen tersebut setelah puasa gelar selama 19 tahun lamanya.

Namun, pada edisi 2022, Indonesia keluar sebagai runnerup setelah kalah dari tim bulu tangkis putra India.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs