Minggu, 28 April 2024
New York Resmi Terpilih Menjadi Tuan Rumah Final Piala Dunia 2026 - Suara Surabaya

New York Resmi Terpilih Menjadi Tuan Rumah Final Piala Dunia 2026

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
New York Resmi Terpilih Menjadi Tuan Rumah Final Piala Dunia 2026 Gianni Infantino Presiden FIFA. Foto: fifa.com

FIFA pada Senin (5/2/2024) dini hari WIB, resmi mengumumkan bahwa Final Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di Stadion MetLife di New York/New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Pesta sepak bola akbar dunia itu akan diselenggarakan di AS, Kanada, dan Meksiko, dengan laga pamungkas akan digelar pada 19 Juli 2024. Kompetisi itu akan dimulai dengan pertandingan pembukaan di Stadion Azteca di Mexico City pada 11 Juni.

“Piala Dunia FIFA paling inklusif, yang akan berlangsung dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion luar biasa di Kanada, Meksiko, dan AS,” kata Gianni Infantino Presiden FIFA seperti dikutip Antara dari kantor beria AFP, Senin.

“Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonis ke final spektakuler di New York New Jersey, para pemain dan penggemar telah menjadi inti dari rencana ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan dan bukan hanya menetapkan rekor-rekor baru, namun juga meninggalkan warisan yang tidak terbantahkan” imbuhnya.

Atlanta dan Dallas akan menjadi lokasi berlangsungnya laga-laga semifinal, sedangkan pertandingan perebutan peringkat ketiga akan dimainkan di Miami.

Pertandingan-pertandingan perempat final juga akan diadakan di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston. Selain itu, ada Total 16 kota di tiga negara yang akan menjadi tuan rumah, dengan sebagian besar pertandingan akan berlangsung di AS.

Untuk diketahui, pertandingan final Piala Dunia 1994 juga pernah berlangsung di Rose Bowl di Pasadena, dekat Los Angeles, Amerika Serikat. Sedangkan pada Piala Dunia 1994 di New York, berlangsung di Stadion Giants yamg kemudian dihancurkan untuk dibangun Stadion MetLife lalu dibuka pada 2010.

Keputusan itu diumumkan melalui siaran langsung televisi di Amerika Utara yang menampilkan Infantino bersama Kevin Hart pelawak dan aktor, Drake penyanyi, dan Kim Kardashian pesohor.

Stadion MetLife berkapasitas 82.500 penonton, melintasi Sungai Hudson dari New York di East Rutherford, New Jersey. Stadion itu merupakan kandang tim american football New York Giants dan New York Jets, dan pernah menyelenggarakan beberapa pertandingan sepak bola internasional, salah satunya final Piala Amerika 2016.

New York telah berusaha keras melakukan lobi agar dapat menyelenggarakan laga final tersebut untuk menambah pengalaman kota dalam menjadi tuan rumah ajang-ajang internasional utama, sekaligus memperkuat posisi mereka sebagai kota global dengan koneksi transportasi yang mudah untuk para penonton.

Dallas pun berharap Stadion AT&T di Arlington, Texas, yang merupakan kandang tim american football Dallas Cowboys juga akan mendapat manfaat.

Adapun sejumlah kompensasi bagi Dallas untuk mendapat jatah memainkan sembilan pertandingan. Jumlah ini termasuk jumlah pertandingan terbanyak untuk satu kota.

Los Angeles juga sempat berusaha untuk dapat menyelenggarakan laga puncak, namun mereka terganjal dengan permintaan FIFA untuk melakukan sejumlah perubahan di Stadion SoFi.

Azteca akan menjadi stadion pertama yang menjadi tuan rumah untuk tiga turnamen Piala Dunia dalam tiga edisi yang berbeda, setelah 1970 dan 1986. Stadion itu merupakan tempat berlangsungnya final pada turnamen 1970 dan 1986.

Kesempatan berlangsungnya Piala Dunia 2026 di AS, bertepatan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan AS ke-250. Yang dimana pertandingan putaran 16 besar akan berlangsung pada 4 Juli, dan AS akan memulai fase grup kompetisi di Stadion SoFi di Los Angeles pada 12 Juni dan juga akan bermain di Seattle.

Sementara, untuk pertandingan Timnas Kanada, Toronto terpilih untuk menjadi tuan rumah pertandingan pertama untuk timnas Kanada.

Ekspansi turnamen itu dari 32 tim menjadi 48 tim akan menambah jumlah pertandingan yang dimainkan sebanyak 24 laga. Sehingga total akan terdapat 104 pertandingan yang diselenggarakan di 16 lokasi.

Turnamen ini akan menggunakan format 12 grup berisi empat tim. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke fase gugur bersama delapan tim peringkat ketiga terbaik. Dari sana, kompetisi akan memainkan fase gugur dengan para finalis akan memainkan total delapan pertandingan. Jumlah itu satu pertandingan lebih banyak dibandingkan format edisi sebelumnya.

Sebanyak 16 kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 adalah Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto, dan Vancouver. (ant/sya/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs