Minggu, 14 Juli 2024

Olimpiade Esports Pertama Digelar Paling Cepat 2025

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Para peraih medali menghadiri acara penganugerahan Peace Elite Asian Games Versi Esports di Asian Games ke-19 pada 1 Oktober 2023. Foto: Xinhua Para peraih medali menghadiri acara penganugerahan Peace Elite Asian Games Versi Esports di Asian Games ke-19 pada 1 Oktober 2023. Foto: Xinhua

Thomas Bach Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC)  menyebut edisi pertama Olimpiade Esports akan diluncurkan paling cepat pada 2025.

Dalam sesi IOC ke 141 pada Oktober tahun lalu, Bach mengumumkan rencana untuk meluncurkan Olimpiade Esports.

Bach menyatakan rencana tersebut belum 100 persen siap, tetapi studinya menunjukkan kemajuan pesat.

“Saya pikir kita dapat mengandalkan edisi pertama, yang menawarkan Olimpiade Esports pada 2025, atau paling lambat 2026,” ucap Bach dilansir Antara, Selasa (30/1/2024)

Keterlibatan pertama IOC dengan komunitas esports adalah dalam penyelenggaraan Forum Esports pada 2018 di Lausanne.

Pada 2021, IOC mengembangkan Olympic Virtual Series, dan kemudian meluncurkan Olympic Esports Week di Singapura tahun lalu.

Bach mengatakan bahwa di satu sisi, terdapat olahraga virtual yang berarti esports dengan aktivitas fisik, sementara di sisi lain, terdapat e-game terpopuler yang sesuai dengan nilai Olimpiade.

“Dengan ini, saya rasa kita bisa menyusun program yang sangat menarik namun juga berbasis nilai,” paparnya. (ant/man/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
21o
Kurs