Selasa, 18 Juni 2024

Pemerintah Ingin PON 2024 Dimanfaatkan untuk Tingkatkan Pariwisata dan UMKM

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Cabor atletik yang dipertandingkan di PON XX 2021 di Papua. Foto: PB PON

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 diharap dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas pariwisata dan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), untuk pariwisata, pihaknya menargetkan adanya peningkatan 25 persen kedatangan wisatawan ke objek-objek wisata andalan Sumut dan Aceh.

Kemudian, terkait UMKM, Sandiaga meminta pemerintah provinsi untuk menghasilkan produk PON 2024 yang cukup supaya semakin banyak masyarakat atau wisatawan yang bisa mendapatkannya.

“Saya menitipkan soal UMKM dan ekonomi kreatif (kepada pemerintah provinsi). Jangan cepat kehabisan seperti PON-PON sebelumnya,” katanya dilansir Antara, Kamis (30/5/2024).

Untuk itu, Sandiaga menyatakan bahwa pihaknya sudah memberikan bekal kepada para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif supaya dapat menelurkan produk-produk termasuk suvenir yang berkualitas.

Terkait pariwisata saat PON 2024, Menparekraf Sandiaga Uno memang mendapatkan tugas khusus dari Presiden Joko Widodo.

Sandiaga diinstruksikan untuk mempromosikan destinasi pariwisata di provinsi yang menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2024 yakni Aceh dan Sumatra Utara.

Presiden memberikan instruksi tersebut demi menggeliatkan ekonomi masyarakat dan mengembangkan peluang usaha serta menciptakan lapangan kerja bagi warga setempat.

Di Sumut, objek wisata seperti destinasi super prioritas Danau Toba menjadi daya tarik utama saat PON 2024, ditambah banyak wisata alam lain seperti Bukit Lawang dan Tangkahan.

Lalu untuk di Aceh, Kemenparekraf akan melakukan integrasi wisata religi yang nantinya dihubungkan dengan peringatan 20 tahun bencana tsunami. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs