Minggu, 16 Juni 2024

Jelang PON 2024, Anggar Jatim Ingin TC di Korea dan Filipina

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Aksi atlet anggar Jawa Timur dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua. Foto: Humas KONI Jatim

Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Jawa Timur (Jatim) cukup percaya diri atletnya bisa menyumbang medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Agung Setiawan Ketua IKASI Jatim mengatakan, tim anggar Jatim akan diperkuat oleh lima atlet di multiajang yang berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) tersebut.

“Target dari KONI Jatim adalah memperbaiki hasil di PON Papua di mana kami mendapat satu perak dan satu perunggu. Harapannya bisa meraih emas di PON 2024,” ujar Agung kepada awak media, Sabtu (11/5/2024).

Dari jumlah tersebut, dua atlet akan turun di nomor degen. Sedangkan tiga atlet anggar lainnya akan tampil di nomor sabel.

Dua atlet degen yang menjadi andalan Jatim adalah Sigy Kanadela dan Billa Dwi Alfiantoro. Sedangkan tiga atlet sabel Jatim di antaranya adalah, Dwi Febby Febrianty, Devi Poppy Monica, dan Cantik Meylano Febianto.

Pelantikan pengurus Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Jawa Timur (Jatim) masa bakti 2023-2027 di Surabaya, Sabtu (11/5/2024). Foto: Shava suarasurabaya.net

Untuk mewujudkan misi meraih emas di PON 2024, IKASI Jatim mengajukan pemusatan latihan ke Korea Selatan untuk atlet degen dan Filipina untuk atlet yang turun di nomor sabel.

“Kenapa di Korea? Karena hampir semua kegiatan PB IKASI, khususnya Pelatnas, Korea salah satu paramater di Asia. Secara anggaran juga lebih realistis,” jelasnya.

“Kemudian kami mengajukan ke Fulipina karena pelatih kami, yakni Diah Pertamasari, punya link dan hubungan baik dengan Filipina,” tambahnya.

Agung berharap rencana pemusatan latihan di luar negeri ini bisa terwujudkan segera. Sebab PON 2024 akan berlangsung September mendatang. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs