Jumat, 3 Mei 2024

Persibo Juara Liga 3 PSSI Jatim 2023/2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Seluruh tim Persibo Bojonegoro merayakan menjadi juara Liga 3 PSSI Jatim 2023/2024 di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro, Selasa (6/2/2024). Foto: PSSI Jatim

Persibo Bojonegoro keluar sebagai juara setelah unggul 2-0 atas lawannya Persidikab Kediri dalam kompetisi Liga 3 Kapal Api PSSI Jawa Timur 2023/2024 yang digelar di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro, Selasa (7/2/2024).

Dalam laga tersebut, Persibo yang bertindak sebagai tuan rumah tampil spartan sejak menit awal, dan terus menekan serta menciptakan sejumlah peluang.

Kendati begitu, Persedikab tak panik. Antara melaporkan, tim besutan Muslim Habibi itu mampu memberikan perlawanan berarti terhadap tuan rumah lewat skema serangan balik.

Setelah beberapa upaya yang dilakukan Persibo gagal membuahkan hasil, tim polesan Iwan Setiawan itu berhasil membuka keunggulan lewat eksekusi penalti yang dicetak oleh Diego Banowo Bagus Sadewo pada menit ke-32.

Keunggulan itu membuat Persibo semakin di atas angin dan tak memberi kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan permainan. Hingga 45 menit pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Persiba tak berubah.

Pada babak kedua, Persibo tak mengendurkan serangan. Bahkan beberapa usaha mendapatkan gol tambahan beberapa kali nyaris berhasil, tapi kurang tenangnya pemain depan membuat gagal mengonversinya menjadi gol.

Persibo bahkan nyaris kehilangan keunggulan andai hadiah penalti yang diperoleh Persedikab di pertengahan babak kedua berhasil bersarang. Sayang, tembakan 12 pas yang dilepaskan mampu diblok oleh kiper Persibo, Nur Ikhsan.

Tampaknya, kegagalan Persedikab menyamakan kedudukan memacu semangat para pemain Persibo untuk menggandakan skor. Namun, sejumlah peluang yang mereka dapatkan hanya membentur tiang dan mistar gawang.

Malapetaka datang bagi Persedikab. Diawali kesalahan Raymond Fernando Toga backpass-nya kepada kiper Aldino Fanani justru menghasilkan gol bunuh diri pada menit ke-86. Skor 2-0 untuk Persibo.

Menjelang laga berakhir, Persibo hampir menambah keunggulan lewat dua peluang emas yang mereka peroleh. Tapi, tembakan Diego Banowo masih membentur tiang gawang.

Hingga wasit Deni Hidayat asal Surabaya meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 2-0, kemenangan untuk Persibo.

Iwan Setiawan Pelatih Kepala Persibo membeberkan alasan timnya bisa memenangkan laga final Liga 3 PSSI Jawa Timur tersebut.

“Sesuai hasil evaluasi dari pertemuan pertama yang kami lakukan. Alhamdulillah, apa yang kami rencanakan selama persiapan berjalan sesuai dengan apa yang terjadi selama ini,” ucapnya, setelah pertandingan melawan Persidikab Kediri.

Kedua, lanjutnya, kemenangan tersebut juga berkat kerja keras tim, dari ofisial, staf pelatih, pemain, manajemen hingga suporter.

“Ini berkat kerja keras semua komponen tim, mulai dari ofisial, staf pelatih, pemain, manajemen dan pendukung kami yang memberikan support luar biasa kepada kami di setiap laga kandang,” katanya.

Sementara itu, pelatih Persedikab Muslim Habibi mengakui anak buahnya tak mampu menjalankan instruksinya, terlebih tekanan yang dilakukan para pemain Persibo tak mengendur di sepanjang laga.

“Kegagalan penalti tadi membuat mempengaruhi mental pemain kami. Akan beda ceritanya bila penalti itu masuk,” katanya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs