Rabu, 17 April 2024

Sir Jim Ratcliffe Resmi Akusisi Saham Manchester United 25 Persen

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Jim Ratcliffe Bos INEOS Group dan pemilik klub Liga Prancis Nice, terlihat sebelum pertandingan final Piala Prancis antara OGC Nice dan FC Nantes di Stade de France, Saint-Denis, Paris, 7 Mei 2022. Foto: AFP

Sir Jim Ratcliffe seorang miliarder dan pelaku industri olahraga, telah resmi mengakuisisi 25 persen saham Manchester United (MU) yang menjadikannya salah satu pemilik klub Inggris tersebut.

Ratcliffe menyetujui kesepakatan senilai 1,3 miliar poundsterling (sekitar Rp25,7 triliun) dengan keluarga Glazer (pemilik saham mayoritas MU) untuk mengakui saham minoritas dengan syarat kendali operasional sepak bola klub.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Liga Premier Inggris meratifikasi kesepakatan tersebut pekan lalu, dan transaksi tersebut kini telah diselesaikan.

“Menjadi salah satu pemilik Manchester United adalah suatu kehormatan besar dan disertai dengan tanggung jawab besar,” kata Ratcliffe dilansir Antara, Rabu (21/2/2024).

Ratcliffe rencananya akan menambah sekitar 158,47 juta poundsterling untuk membuat kepemilikan sahamnya jadi 27,7 persen. Direncanakan pada 31 Desember, Ratcliffe sudah menguasai 28,9 persen saham MU dengan tambahan investasi sekitar 79,2 juta poundsterling.

“Ini menandai selesainya transaksi, tetapi hanyalah awal dari perjalanan kami untuk membawa Manchester United kembali ke puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia, dengan fasilitas kelas dunia untuk para penggemar kami. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut akan dipercepat mulai hari ini,” lanjutnya.

Ratcliffe merupakan pemilik INEOS yang merupakan perusahaan bergerak di bidang kimia, ia juga mengaku sebagai fans MU sejak kecil.

Selain Setan Merah, Ratcliffe jadi pemilik sejumlah klub olahraga, seperti tim F1 Mercedes, klub Prancis Nice, dan klub Swiss Lausanne Sport.

Joel Glazer, salah satu ketua eksekutif MU, menyambut kedatangan Ratcliffe sebagai salah satu pemilik klub berjuluk Setan Merah tersebut.

“Saya ingin menyambut Sir Jim sebagai salah satu pemilik dan berharap dapat bekerja sama dengannya serta INEOS Sport untuk mewujudkan masa depan cerah bagi Manchester United,” ujar Joel.

Ratcliffe dan Sir Dave Brailsford, direktur divisi olahraga Ineos, telah berupaya merombak operasional sepak bola MU.

Mereka telah mendatangkan Omar Berrada dari Manchester City sebagai kepala eksekutif, dan dilaporkan akan mempekerjakan Dan Ashworth sebagai direktur olahraga dari Newcastle United selesai.

Pelatih MU Erik ten Hag menegaskan bahwa dia “sangat selaras” dengan Ratcliffe, tetapi dapat dipastikan bahwa nasibnya belum aman mengingat posisi MU saat ini di Liga Premier Inggris.

Setan Merah saat ini berada di urutan keenam, tertinggal lima poin dari Aston Villa yang berada di posisi keempat.

Pertandingan pertama MU di bawah kepemilikan baru klub, akan melawan Fulham di Old Trafford pada Sabtu, 24 Februari mendatang. (ant/man/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
29o
Kurs