Jumat, 19 April 2024

Jim Ratcliffe Miliarder Siap Beli Manchester United

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jim Ratcliffe Bos INEOS Group dan pemilik klub Liga Prancis Nice, terlihat sebelum pertandingan final Piala Prancis antara OGC Nice dan FC Nantes di Stade de France, Saint-Denis, Paris, 7 Mei 2022. Foto: AFP

Jim Ratcliffe Miliarder asal Inggris dan Pemilik INEOS Group dipastikan menjadi calon pembeli terkuat Manchester United ,jika raksasa sepak bola Inggris itu dijual ke pasar.

Juru bicara Petrokimia Ineos, dikutip Antara dari AFP, Kamis (18/8/2022), menanggapi laporan bahwa keluarga Glazer pemilik United saat ini yang berbasis di AS, sedang mempertimbangkan menjual saham minoritas Setan Merah yang tengah melewati awal musim menyedihkan, di bawah Erik ten Hag manajer baru Erik.

Juru bicara Ineos mengatakan kepada The Times, bahwa Ratcliffe yang merupakan orang terkaya di Inggris, siap membeli saham tersebut sebagai awal untuk sepenuhnya mengendalikan Old Trafford.

“Jika hal seperti ini mungkin, kami akan tertarik berbicara dengan tujuan kepemilikan jangka panjang,” tambah juru bicara itu.

Keluarga Glazer, yang membeli United pada 2005 dengan dana dari utang sehingga kemudian membebani klub dengan utang besar, sejak lama dituduh telah mengeruk keuntungan jauh lebih banyak dari dana yang mereka investasikan, termasuk dalam hal dana transfer pemain.

Mereka semakin membuat marah penggemar United setelah mendukung proyek kontroversial Liga Super Eropa pada April tahun lalu.

United terakhir menjuarai Liga Premier pada 2013 dan tak pernah lagi mengangkat trofi utama sejak 2017. Bahkan, mereka dibantai 0-4 oleh Brentford pada pertandingan kedua Liga Inggris, sehingga untuk pertama kalinya dalam 30 tahun berada di dasar klasemen.

“Ini bukan tentang uang yang dibelanjakan atau tidak dibelanjakan. Jim sedang mempelajari apa yang bisa dilakukan saat ini dan, dia tahu betapa pentingnya klub ini untuk kota itu, rasanya waktu yang tepat untuk menata ulang,” kata juru bicara Ineos juga kepada The Times.

Sebelumnya, Ratcliffe yang penggemar berat United gagal mengakuisisi Chelsea pada Mei lalu karena kalah dari konsorsium pimpinan pengusaha AS Todd Boehly.

Ineos sudah memiliki klub sepak bola Ligue 1 Prancis Nice, klub Swiss FC Lausanne-Sport, tim balap sepeda Team Sky dan juga mensponsori Mercedes yang menjadi juara dunia konstruktor Formula 1.

Ketertarikan mereka membeli saham Glazer muncul setelah Elon Musk, si orang terkaya di dunia menyatakan hanya bercanda soal membeli United, setelah sebelumnya sempat menyatakan akan membeli klub pemilik 20 trofi Liga Inggris tersebut.

“Tidak, ini lelucon lama di Twitter. Saya tak membeli satu pun klub olah raga,” cuit Musk. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs